Pilih Pensiun

Jum'at, 29 Mei 2015 - 09:44 WIB
Pilih Pensiun
Pilih Pensiun
A A A
SUNDERLAND - Sunderland harus segera berpikir keras untuk menemukan pelatih baru setelah Dick Advocaat memilih meletakkan jabatannya dan meninggalkan tim berjuluk The Black Cats tersebut.

Faktor usia yang telah menginjak 67 tahun dan keluarga menjadi alasan utama meneer Belanda itu untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Sunderland. Padahal, pemilik klub Ellis Short dan Direktur Olahraga Lee Congerton telah berusaha membujuknya untuk tetap tinggal di Stadium of Light. Mereka bahkan menawarkan posisi strategis di dalam klub, tetapi Advocaat tetap menolaknya dan memilih mengundurkan diri, Rabu (27/5).

Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri karier kepelatihannya yang dimulai sejak 1980. ”Pada saat-saat tertentu dalam hidup, Anda harus membuat keputusan dan saya hampir berusia 68 tahun sekarang. Sejumlah klub telah menghubungi saya. Saya tentu akan memprioritaskan Sunderland atau tidak sama sekali,” ungkap Advocaat, dilansir Daily Mail.

Meski telah mantap untuk mundur, Advocaat mengaku senang karena menjalankan tugasnya dengan baik. Menggantikan posisi Gustavo Poyet pada 17 Maret lalu, Advocaat secara dramatis sukses menyelamatkan Sunderland dari degradasi sehingga tetap berlaga di Liga Primer musim 2015/2016.

“Saya ingin berterima kasih kepada pemilik klub, Direktur Olahraga Lee Congerton, tentu saja fans. Kami telah memberikan semuanya selama di sini dan mem per - oleh apa yang kami inginkan. Sun der - land telah menjadi salah satu bagian terindah dalam karier saya,” kata dia. Pengunduran diri Advocaat juga diamini oleh Ellis Short.

Dia menilai, kendati singkat, profesionalisme dan pengalaman yang dimiliki sang pelatih telah memberikan pengaruh positif bagi tim. ”Meskipun kecewa, saya memahami dan menghormati keputusannya. Dalam waktu singkat di sini, Advocaat telah membuat dampak nyata. Pengalaman dan antusiasmenya mampu mengangkat klub. Kami akan selalu berterima kasih kepadanya atas apa yang telah dicapai,” ujarnya.

Posisi lowongan yang ditinggalkan Advocaat membuat Sunderland harus mencari pelatih keempat dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Beberapa nama seperti asisten pelatih Real Madrid Paul Clement, Steve McClaren, hingga Sam Allardyce disebut-sebut sebagai kandidat pelatih The Black Cats selanjutnya.

Dari ketiga nama di atas, McClaren diyakini berada di unggulan teratas untuk menangani John O’Shea dkk musim depan lantaran tengah menganggur setelah dipecat Derby County, Senin (25/5). Peluang untuk mendapatkan tanda tangan McClaren cukup besar, terlebih negosiasinya dengan Newcastle hanya rumor belaka. Pengalaman yang dimiliki pelatih berusia 54 tahun tersebut bakal menjadi pertimbangan utama para petinggi Sunderland.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)