Demi Kado Perpisahan

Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:49 WIB
Demi Kado Perpisahan
Demi Kado Perpisahan
A A A
BERLIN - Borussia Dortmund berharap dapat memberikan kado perpisahan yang manis bagi Juergen Klopp. Die Borussen bertekad mewarnai partai penutup dengan persembahan trofi DFB-Pokal.

Dortmund akan menyudahi musim ini dengan meladeni VFL Wolfburg di Olympiastadion Berlin, dini hari nanti. Itu kesempatan terakhir bagi Mats Hummels dkk untuk memberikan kebahagiaan bagi Klopp. Bila Dortmund menang, pelatih berusia 47 tahun itu bisa hengkang dari Signal Iduna Park sambil tersenyum. Klopp memutuskan akan melepas jabatan pada akhir musim. Itu akan menyudahi kerja sama selama tujuh musim dengan Dortmund.

Klopp berpeluang memenangkan DFBPokal di pengujung kariernya di Jerman sebelum merantau ke Inggris. Ya, kabarnya dia tertarik membesut Liverpool. “Masih ada yang harus kami selesaikan. Kami punya laga final (DFB-Pokal) yang sangat penting. Setelah itu, mungkin semuanya bisa berkumpul di pusat Kota Dortmund. Yang saya inginkan adalah sekali lagi mengelilingi Borsig Square (dalam parade juara),” ujar Klopp, dilansir Bild.

Klopp sosok yang begitu berjasa bagi Dortmund. Walau belum pernah merebut titel Liga Champions, pelatih berusia 47 ta hun itu mampu menyumbang enam gelar sejak bertugas pada 2008. Dia sempat memenangkan T-Home Supercup (2008), Bundesliga (2010/ 2011, 2011/2012). Lalu DFB-Po kal (2011/ 2012) dan DFL-Supercup (2013, 2014).

Prestasi Klopp lainnya adalah membantu pasukannya menjadi finalis Liga Champions 2012/2013, walau dikalahkan Bayern Muenchen. Musim ini dia juga menolong tim asuhannya dari degradasi. Dortmund sempat berkutat di zona merah selama beberapa pekan, tapi mampu menempati peringkat 7 di akhir klasemen Bundesliga.

Kehadiran Klopp memungkinkan Dortmund menyudahi periode tanpa gelar. Setelah era Matthias Sammer pada 2004, Dortmund tidak pernah berdiri di podium. Kini, Klopp tercatat sebagai pelatih tersukses kedua setelah Ottmar Hitzfeld.

Sosok kelahiran Stuttgart tersebut telah dianggap sebagai legenda hidup. “Bisa dinobatkan sebagai juara setelah melewati masa yang indah bersama Dortmund akan menjadi kenangan yang indah. Saya merasa sangat bahagia dan terhormat bisa melatih klub sekelas Dortmund,” kata Klopp.

Namun, mengalahkan Wolfsburg bukanlah pekerjaan mudah. Meski mampu menyingkirkan Bayern saat semifinal, bukan berarti Dortmund bisa bersantai. Lawan tidak bisa dianggap remeh karena catatan nya musim ini lebih baik dari Dortmund. Tim besutan Dieter Hecking itu berstatus runner-up Bundesliga 2014/2015.

Wolfsburg mampu mendulang 20 kemenangan dari 34 laga di kompetisi domestik, sisanya sembilan imbang dan lima kalah. Produk tivitas Verein Fur juga cukup tinggi, yakni mencatat 72 gol dan hanya kemasukan 38 kali. Perjalanan mereka di DFB-Pokal juga cukup bagus, di antaranya melumat Arminia Bielefeld 4-0 di semifinal.

Wolfsburg juga belum pernah kalah dalam dua pertemuan kontra Dortmund musim ini, yaitu imbang 2-2 dan menang 2-1. Motivasi Kevin de Bruyne dkk perlu diwaspadai. Jika berjaya, ini akan menjadi gelar DFB-Pokal pertama bagi Wolfsburg.

Sebelumnya mereka cuma jadi finalis pada 1994/1995. Satu-satunya masalah yang dihadapi Wolfsburg adalah kondisi dua bek Nando dan Marcel Schaefer. “Saya belum bisa mengatakan apapun tentang mereka. Masih belum jelas apakah keduanya bisa bermain,” ucap Hecking.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9672 seconds (0.1#10.140)