Lagu Kebangsaan Spanyol Kemungkinan Diejek

Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:50 WIB
Lagu Kebangsaan Spanyol Kemungkinan Diejek
Lagu Kebangsaan Spanyol Kemungkinan Diejek
A A A
BARCELONA - Otoritas berharap pendukung Athletic Bilbao dan Barcelona menghormati lagu kebangsaan Spanyol yang akan dikumandangkan sebelum final Copa del Rey, dini hari nanti.

Namun, mereka sadar sulit mengatur sekitar 99.000 fansyang hadir di Camp Nou. Insiden kurang mengenakkan sudah terjadi saat kedua klub bertemu pada pentas sama musim 2008/2009 dan 2010/ 2011. Sama-sama berasal dari otonomi yang berseberangan dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Basque dan Katalan, suporter bersiul ketika Marcha Real didendangkan.

“Saya menghormati kebebasan berekspresi. Itu esensi demokrasi. Namun, perilaku melecehkan berpotensi menciptakan dampak kurang menyenangkan,” kata Wali Kota terpilih Kota Barcelona Ada Colau, dilansir Sport. Nuansa politik pada pertandingan nanti memang begitu terasa. Apalagi, tidak setiap pihak ingin meredakan konflik.

Assemblea Nacional Catalana, organisasi yang mendorong kemerdekaan Katalan, justru mengajak fans Barcelona tetap menggelar kebiasaan setiap tampil di Camp Nou, meski Lionel Messi dkk berstatus tim tamu pada final Copa del Rey musim ini. Tradisi itu adalah berteriak “merdeka” kala laga tepat berjalan 17 menit 14 detik. Angka tersebut menyimbolkan 1714, tahun menyerahnya Katalan kepada Raja Spanyol Philip V.

Aksi pendukung tim finalis ini mengakibatkan keengganan Real Madrid menyediakan Santiago Bernabeu untuk final. Selain tidak mau menyaksikan Barcelona mengangkat trofi di stadion kebanggaan, Madrid mengkhawatirkan ulah fans.

“Menteri Keamanan Negara Francisco Martinez dan Menteri Olahraga Miguel Cardenal mengirim surat agar klub membantu menghindari insideninsiden negatif,” kata Wapres Barcelona Carles Vilarrubi.

Harley ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9053 seconds (0.1#10.140)