Myanmar Tapaki Jejak Sukses Burma

Selasa, 02 Juni 2015 - 12:31 WIB
Myanmar Tapaki Jejak Sukses Burma
Myanmar Tapaki Jejak Sukses Burma
A A A
SEA Games 2015 Singapura diyakini Myanmar akan melahirkan momen penting bagi persepakbolaan mereka. Emas SEA Games yang sudah lama tidak lagi dirasakan sejak 1973 (kala itu masih bernama Burma), akan coba didapatkan kembali.

Apalagi, saat ini banyak pihak menilai tim muda Myanmar tengah mengalami perkembangan pesat. Di SEA Games 2015, Myanmar akan menjadi tim pertama yang akan dihadapi Indonesia pada persaingan Grup A malam ini. Tim besutan Aji Santoso pantas waspada. Tim Myanmar saat ini berbeda dengan tim yang sempat dihadapi dalam beberapa tahun terakhir.

Pesatnya perkembangan sepak bola Myanmar bisa dilihat dari tampilnya mereka sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu berlaga di Piala Dunia U-20 di Selandia Baru 2015. Sikap percaya diri pun ditunjukkan seluruh armada tim berjuluk The White Angels itu. Melimpahnya talenta muda yang dimiliki Myanmar sampai sang Pelatih Kyi Lwin mengaku kesulitan dalam menentukan siapa-siapa saja pemain yang harus dibawanya tampil di ajang dua tahunan tersebut.

Padahal, Kyi harus berbagi pemain dengan skuad Myanmar U-20 besutan Pelatih asal Jerman Gerd Zeise yang sedang tampil di Piala Dunia U-20. Dari fakta itu, jelas bisa terlihat bagaimana Myanmar memang dipadati pemain yang bisa dibilang cukup berkualitas. “Kami memiliki tim senior, U-23, dan U-20 yang saat ini sedang sama-sama bersaing. Tapi, tetap saja, hal tersebut bukan menjadi persoalan yang betul-betul besar bagi kami,” ungkap Kyi, dilansir Asia One .

Myanmar punya sejarah bagus saat tampil di ajang SEA Games. Saat masih bernama Burma, mereka sempat lima kali beruntun meraih medali emas. Prestasi itu dimulai pada tahun 1965, 1967, 1969, 1971, dan 1973. Namun, pada 1965, saat itu Burma bersama Thailand didaulat sebagai juara bersama.

“Kami sangat percaya bisa memenangkan turnamen ini jika kami mampu bermain dengan semangat juang tinggi, dengan usaha kerasyang harus kami lakukan. Kami dalam kondisi terbaik saat ini,” tutur Manajer Myanmar Aung Toe.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9422 seconds (0.1#10.140)