Hingga 2018

Kamis, 04 Juni 2015 - 10:48 WIB
Hingga 2018
Hingga 2018
A A A
MADRID - Kabar mengenai berlabuhnya Rafael Benitez ke Real Madrid akhirnya terealisasi. Los Blancos resmi menunjuk pelatih berusia 55 tahun itu sebagai suksesor Carlo Ancelotti.

Seperti dilansir AS, Benitez telah menyepakati kontrak berdurasi tiga tahun bernilai 4 juta euro per tahun. Media- media Spanyol bahkan mengklaim jika Benitez telah berada di markas latihan Valdebebas selama dua hari terakhir guna merencanakan program pramusim.

Pada kesempatan itu dia juga bertemu tokoh-tokoh berpengaruh di klub, di antaranya pelatih tim junior Zinedine Zidane, Emilio Butragueno, dan Miguel Porlan ”Chendo”. Benitez diperkenalkan di Santiago Bernabeu kemarin. Dengan demikian, dia menjadi pelatih ke-10 era kepemimpinan Presiden Florentino Perez, sekaligus menjadi pelatih asal Kota Madrid keempat sepanjang sejarah Los Blancos.

Bagi Madrid, Benitez bukanlah sosok yang asing. Dia pernah menangani Real Madrid B periode 1993– 1995. Bergabungnya Benitez bersama Madrid sejatinya telah berhembus kencang dalam beberapa pekan terakhir. Meski sempat dihubunghubungkan dengan nama-nama top lain, seperti Juergen Klopp, Perez berniat mendahulukan pelatih lokal.

Dia mengatakan, sangat memprioritaskan pelatih Madrid berikutnya harus fasih berbahasa Spanyol. Benitez pun sukses menyisihkan nama-nama lokal, seperti Unai Emery (Sevilla) dan Michel (Olympiakos). Setali tiga uang dengan Madrid, Benitez juga sangat tertarik kembali pulang kampung. Maklum, semasa menangani Napoli (2013–2015) dia harus terpisah dengan istri dan dua anak perempuannya.

Tawaran dari Madrid tentu tidak akan datang dua kali. Karena itu, Benitez mantap untuk tidak memperpanjang kontraknya dan memilih meninggalkan Napoli akhir musim lalu. Beberapa tawaran menggiurkan dari Liverpool, Paris Saint-Germain, hingga Manchester City tidak dihiraukannya. Saat akan bertolak ke Madrid, Senin (1/6), Benitez tidak mampu menyembunyikan rasa bahagiannya.

Dia mengaku sangat antusias mengenai kemungkinan untuk menangani Cristiano Ronaldo dkk musim depan. ”Saya sangat bahagia. Tetapi, beberapa hal harus segera diselesaikan terlebih dahulu,” papar Benitez, dilansir Marca. Kendati banyak pro dan kontra mengiringi kedatangannya ke Santiago Bernabeu, Benitez sebenarnya cukup layak untuk diberikan kesempatan.

Maklum, dia memiliki segudang pengalaman mengalami klubklub top Eropa. Bersama Valencia (2001–2004), Benitez sukses mempersembahkan 2 gelar Primera Liga dan Piala UEFA. Melanglang buana ke luar Spanyol membuat kemampuannya makin terasah. Terbukti, Benitez kembali mereguk kesuksesan bagi Liverpool (2004–2010) dengan memberikan empat trofi, yakni Piala FA, Community Shield, Liga Champions, dan Piala Super.

Dia kemudian mempersembahkan gelar Supercoppa Italia dan Piala Dunia Antarklub bagi Inter Milan (2010/ 2011). Prestasi lain mencakup Trofi Liga Europa bersama Chelsea (2012/2013) serta Coppa Italia dan Supercoppa Italia untuk Napoli.

Berbagai prestasi ini jelas menjadi pertimbangan utama Madrid menunjuk Benitez. Setelah tanpa gelar, musim lalu, Los Blancos tentu berharap dapat kembali meraih kejayaan pada musim depan.

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7300 seconds (0.1#10.140)