Sosok Xavi di Mata Iniesta

Kamis, 04 Juni 2015 - 13:28 WIB
Sosok Xavi di Mata Iniesta
Sosok Xavi di Mata Iniesta
A A A
BARCELONA - Bagi Iniesta, Xavi bukan sekedar pemain biasa. Sama-sama berasal dari La Masia -akademi Barcelona- keduanya berkembang bersama sebagai salah satu duet terbaik dunia di lini tengah.

Saking seringnya bermain bersama, Iniesta bahkan sempat berujar jika dia tak perlu melihat dengan mata untuk mengetahui pergerakan Xavi. "Terkadang tanpa melihat, saya tahu di mana dia berada," ujarnya.

Kerjasama keduanya mencapai periode keemasan di masa kepelatihan Pep Guardiola dari 2008 hingga 2011. Sebanyak 14 gelar mereka rengkuh dalam periode tiga tahun tersebut.

Namun kebersamaan selama bertahun-tahun itu harus berakhir di penghujung musim ini. Karena faktor usia, Xavi harus rela pergi dari Barcelona.

Perpisahan pun telah dihelat di Nou Camp, markas Barcelona. Berbagai pihak, mulai dari suporter hingga mantan pelatih Barca, Louis van Gaal telah memberikan kata-kata dan pujian kepada Xavi.

Iniesta pun tak mau ketinggalan. Dia punya kesan tersendiri terhadap rekannya tersebut.

"Xavi selalu berpikir soal tim ketimbang dirinya sendiri. Saya berterima kasih kepadanya. Xavi telah membuat kami semua menjadi lebih baik, karena dia telah hidup melalui segalanya," tutur Iniesta seperti dikutip Football Espana.

"Saya tidak bisa membayangkan hari pertama latihan dan Xavi tidak ada bersama kami, untuk memberi kami saran, memberi kami memori bersejarah, dan mengajari para pemain muda," lanjutnya.

Sepelas membela Barca, Xavi akan berpetualang di Qatar dengan membela Al Sadd. Di sana, dia dikontrak selama tiga tahun dan rencananya akan juga berperan sebagai Duta Promosi Piala Dunia Qatar 2022.

Kendati demikian, Iniesta optimistis, Xavi akan kembali ke Barcelona di masa depan.

"Kami tahu, Xavi akan kembali, karena dia di dalamnya ada hati dan jiwa Blaugrana. Saya berterima kasih ekpadanya, dari seorang guru ke murid. Terima kasih teman," tutup Iniesta.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5477 seconds (0.1#10.140)