Belanda Akan Lolos

Jum'at, 05 Juni 2015 - 09:23 WIB
Belanda Akan Lolos
Belanda Akan Lolos
A A A
DINI hari nanti, Belanda menggelar pertandingan uji coba internasional versus Amerika Serikat (AS) di Amsterdam Arena. Itu laga pemanasan jelang versus Latvia pada kualifikasi Piala Eropa 2016 pekan depan.

Meski hanya berlabel persahabatan, Guus Hiddink tidak main-main. Dia memanggil para pemain terbaik De Oranjeyang merumput di berbagai klub sepak bola papan atas Eropa. Tak terkecuali Robin van Persie, yang kembali diberi kepercayaan memimpin skuad Negeri Kincir Angin.

Menanggapi pemanggilan ke tim nasional, penyerang Manchester United (MU) tersebut mengaku senang. Dia berjanji akan menjawab tantangan publik untuk membawa De Oranje tampil di Piala Eropa. Berikut petikan wawancara Van Persie tentang timnas, klub, dan karier di sepak bola, dilansir dari berbagai sum ber.

Posisi Belanda di kualifikasi Piala Eropa 2016 tidak terlalu bagus. Apa makna pertandingan uji coba melawan AS ini bagi Anda dan rekan-rekan?

Pelatih ingin kami memiliki lebih banyak variasi skema penyerangan. Dia juga ingin kami bermain lebih disiplin saat menjaga area pertahanan. Uji coba selalu penting karena bisa mengasah kesiapan tim menghadapi pertandingan yang sesungguhnya.

Peluang Belanda lolos ke Piala Eropa 2016 seperti apa?

Saat ini kami berada di urutan ketiga di bawah Republik Ceko dan Islandia. Tentu saja ini bukan posisi yang bagus, meski kami masih bisa lolos lewat play-off. Namun, bukan itu yang kami cari. Saya ingin Belanda lolos langsung ke Prancis. Saya percaya kami bisa melakukannya.

Apa yang menyebabkan permainan Belanda tidak konsisten? Bukankah Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) telah menunjuk pelatih baru yang memiliki segudang pengalaman?

Kami hanya kurang beruntung. Kami memiliki pelatih bagus. Namun, harus diingat bahwa tim ini banyak kehilangan pemain yang cedera. Cedera datang silih berganti yang membuat pelatih kesulitan menentukan komposisi terbaik. Jika semuanya dalam kondisi bugar, saya optimistis.

Bagaimana dengan karier Anda di klub? Benarkah Louis van Gaal tidak menginginkan Anda lagi?

Saya tidak tahu. Saya hanya berusaha tenang melihat situasi yang ada saat ini. Cedera memang membuat saya jarang bermain musim lalu (2014/2015). Namun, saya masih memiliki ambisi untuk bermain reguler setiap pekan. Saya merasa masih mampu tampil di level atas untuk beberapa tahun ke depan.

Jadi, isu itu benar?

Kita hidup di dunia nyata. Louis (van Gaal) bukan pelatih saya seorang diri. Dia pelatih dari 25 pemain MU. Saya harus realistis. Saya tidak mungkin terus memuaskan pelatih.

Apakah musim depan Anda masih membela MU atau akan pindah ke klub lain? Berita menyebut Anda diminati beberapa klub Seri A…

Saya tidak tahu. Setiap keputusan yang saya ambil harus saya pikirkan matang-matang. Karena, ini tentang keluarga dan anak-anak saya. Jujur, saya adalah pria penyayang keluarga. Jika istri dan anak-anak saya bahagia, saya ikut bahagia.

Kapan Anda pensiun? Setelah Piala Eropa 2016 atau Piala Dunia 2018?

Selama saya masih kuat bermain sepak bola, saya akan terus berada di lapangan. Saya bukan tipe orang yang mu dah berputus asa dengan keadaan. Saya akan terus ber juang.

Andri ananto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4598 seconds (0.1#10.140)