Catatan Grand Prix Catalunya dalam Angka

Senin, 08 Juni 2015 - 20:00 WIB
Catatan Grand Prix Catalunya dalam Angka
Catatan Grand Prix Catalunya dalam Angka
A A A
CATALUNYA - Seri balap ketujuh MotoGP musim ini akan digelar di Sirkuit de Barcelona-Catalunya dalam Gran Premi de Catalunya, Minggu (14/6/2015). Balapan tersebut akan jadi ajang Valentino Rossi dkk bersaing jadi yang terbaik di tanah Spanyol untuk kali kedua.

Sirkuit de Barcelona-Catalunya yang memiliki panjang 4,655 km, bisa dibilang bakal jadi panggung pertunjukkan tim Yamaha. Pasalnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo jadi dua pembalap yang punya catatan kemenangan paling banyak.

Namun demikian, kans pembalap tuan rumah lainnya menjungkalkan pembalap non-Spanyol terbuka lebar. Sehingga persaingan diprediksi bakal ketat, terutama pembalap papan atas yang akan saling sikut demi merebut puncak klasemen pembalap. (Klik di sini untuk update klasemen pembalap MotoGP)

Ada beragam statistik dari para pembalap yang mungkin bisa jadi catatan menarik jelang balapan. Sindonews pun coba merangkum, Grand Prix Catalunya dalam angka yang melansir situs resmi balapan.

7 - Total tim Yamaha memenangi balapan kelas MotoGP di Catalunya sudah mencapai tujuh kali. Empat kemenangan disumbang Rossi pada musim 2004, 2005, 2006 dan 2009, sedangkan Lorenzo mencatat tiga kali kemenangan pada musim 2010, 2012 dan 2013.

6 - Valentino Rossi sudah mengemas enam kemenangan di Catalunya dari semua tim yang pernah ia singgahi. Kemenangan terbanyak tetap di Yamaha sebanyak empat, sedangkan dua balapan ia dapat di Honda.

4 - Rossi juga peraih pole positions terbanyak dengan jadi pemimpin balapan empat kali. Dua pembalap saingannya, Dani Pedrosa dan Casey Stoner, membuntuti Rossi dengan dua kali jadi peraih pole positions.

20 - Pembalap Spanyol punya catatan manis dengan merebut 20 kemenangan sepanjang Cirkuit de Barcelona-Catalunya digunakam 1989. Pembalap asal Italia membuntuti di posisi kedua dengan raihan 19 kali kemenangan.

17. Honda dan Aprilia jadi tim pabrikan yang paling banyak mengoleksi kemenangan di Catalunya dalam semua kelas balapan. Yamaha masih tertinggal jauh dengan hanya menang delapan kali dari semua kelas.

346 - Andrea Dovizioso berhasil memegang rekor kecepatan di Sirkuit de Barcelona-Catalunya dengan kecepatan motornya mencapai 346,0 km/jam. Pembalap Ducati tersebut melakukannya pada musim lalu.

1 - Marquez merebut kemenangan perdananya di Catalunya musim lalu setelah debutnya di 2013 digagalkan Lorenzo.

8 - Pembalap Spanyol menguasai Catalunya sebanyak delapan kali dalam satu dekade terakhir. Pembalap asal Italia hanya meraih tujuh kali di mana semua lewat aksi Rossi.

2 - Hanya dua kali pembalap Spanyol bisa menyapu bersih podium dengan kemenangan yakni pada 2013 dan 2001. Selain itu, pembalap yang berasal dari negara lain selalu merusaknya pesta kemenangan salah satu pembalap tuan rumah.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5289 seconds (0.1#10.140)