Inggris Calon Kuat Juara Piala Eropa

Selasa, 09 Juni 2015 - 09:22 WIB
Inggris Calon Kuat Juara...
Inggris Calon Kuat Juara Piala Eropa
A A A
PENAMPILAN bagus Inggris di kualifikasi Piala Eropa 2016 membuat Roy Hodgson optimistis. Sang nakhoda merasa The Three Lions akan bisa menghasilkan sesuatu yang membanggakan di Prancis tahun depan.

Menurut juru latih berusia 67 tahun itu, Inggris saat ini memiliki materi pemain yang solid. Meski pada pertandingan uji coba terkini hanya bermain imbang tanpa gol dengan Republik Irlandia, Hodgson percaya puncak permainan Wayne Rooney dkk akan terjadi pada musim panas 2016. Bagi Hodgson, menjadi juara di kompetisi sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru adalah mimpi semua orang Inggris. Berikut petikan wawancara Hodgson tentang perjalanan Inggris di kualifikasi Piala Eropa, dilansir dari berbagai sumber.

Dari lima laga Grup E, Inggris meraih 15 poin (selalu menang) dengan 15 gol memasukkan berbanding satu kemasukan. Apa maknanya?

Artinya, tim ini berada dalam level yang bagus. Hasil-hasil itu sangat penting karena menunjukkan tim seperti apa Inggris sebenarnya. Kami memiliki standar. Sejauh ini saya cukup senang dengan performa tim (di kualifikasi).

Apakah Inggris layak menjadi tim unggulan sekaligus sebagai salah satu kandidat calon juara Piala Eropa 2016?

Tentu saja. Kami akan pergi ke Prancis dan bermain sebagai sebuah tim. Saat ini kami memiliki pemain yang bagus dibandingkan beberapa tahun lalu. Saya percaya puncak permainan kami akan terjadi tahun depan. Kami akan bermain di Piala Eropa dengan target utama juara.

Setelah era Frank Lampard dan Steven Gerrard berlalu, Inggris kini memiliki beberapa pemain muda bertalenta seperti Jack Wilshere, Raheem Sterling, Harry Kane, hingga Ross Barkley. Bagaimana Anda melihat pemain-pemain ini?

Sebagai pelatih timnas, saya senang. Mereka bisa menjadi tulang punggung Inggris di Piala Eropa dan Piala Dunia (2018). Namun, saya juga berharap pemainpemain muda tersebut menjaga sikap. Saya tidak ingin mereka melakukan tindakan yang menghadirkan kontroversi. Sebab, mereka harus fokus ke pertandingan. Para pemain muda ini harus belajar dari seniorsenior mereka.

Tentang Wilshere?

Dia pemain yang sangat bersemangat. Dia selalu bermain dengan kepercayaan diri tinggi dan gairah besar. Saya sangat sedih ketika dia cedera. Jadi, saya berharap Arsenal mendisiplinkan Wilshere. Klub harus menempanya menjadi pemain yang disiplin.

Bagaimana dengan Sterling?

Saya tidak pernah meragukannya. Saya memercayainya. Namun, pemain bukan robot. Dia tidak selalu berada dalam penampilan terbaik. Saya berharap dia segera menyelesaikan masalah kontrak dengan Liverpool. Sebab, sangat penting bagi setiap pemain timnas untuk mengesampingkan urusan personalnya.

Akhir pekan ini Inggris akan bertemu Estonia pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa. Apakah kemenangan akan dihasilkan lagi?

Semoga para pemain bisa melanjutkan hasil-hasil membanggakan di pertandingan sebelumnya. Meski yang paling penting lolos ke Prancis, mengakhiri kualifikasi dengan menyapu bersih semua laga akan sangat bagus. Itu akan membuat pemain semakin percaya diri.

Andri ananto
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)