Festival Katalan

Selasa, 09 Juni 2015 - 09:24 WIB
Festival Katalan
Festival Katalan
A A A
BARCELONA - Penduduk Barcelona tumpah memenuhi kota demi menyambut parade juara tim kesayangan mereka yang meraih tiga gelar musim ini. Prestasi ini menghapus duka paceklik gelar musim lalu.

Trofi Primera Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions dipajang di atas bus yang atapnya terbuka mengelilingi jalan-jalan Ibu Kota Katalan, Minggu (7/6), sehari setelah Barcelona melibas Juventus 3-1 pada final Liga Champions di Olympiastadion, Berlin.

Selama lebih dari tiga jam El Azulgrana berbagi kebahagiaan dengan fans setelah berhasil meraih trofi Primera Liga ke-23, gelar Copa del Rey ke-27, dan titel Liga Champions kelima. Warna kebesaran Barca dan tulisan “Treble kedua, terus membuat sejarah”, menghiasi bus yang menembus ribuan orang yang menyemut di jalan-jalan Ibu Kota Katalan. Lionel Messi bersama Xavi Hernandez dan Pelatih Luis Enrique menjadi tiga nama yang paling banyak dieluelukan fans .

Sementara Luis Suarez ikut merayakannya dengan berbalut bendera Uruguay di pinggangnya, begitu pun Neymar yang tak lupa membawa Brasil yang diikat di tubuhnya. Bus pun akhirnya masuk ke Camp Nou, tempat digelarnya puncak festival tersebut. Di stadion berkapasitas 99.354 yang dipenuhi fans itu, para pemain dan pelatih bergantian mendapat kesempatan mengungkapkan isi hatinya. Bagi Messi, prestasi ini sangatlah luar biasa lantaran diraih setelah Barca puasa gelar musim lalu.

Ya, di tangan Tata Martino musim lalu, El Azulgrana hanya bisa menonton Atletico Madrid meraih trofi Primera Liga dan Real Madrid menyabet dua gelar Liga Champions serta Copa del Rey. “Setelah musim yang berat tahun lalu, akhirnya kami bisa kembali dengan sesuatu yang spektakuler. Kami harus menikmati momentum ini. Tapi, saya tak pernah ragu bahwa tim ini akan terus melanjutkan kemenangan karena tim ini punya gairah dan motivasi untuk melanjutkan sukses ini,” ucap Messi, pada pidatonya, dikutip Daily Mail .

Beda Messi, beda pula ungkapan Gerard Pique. Defender asal Spanyol itu mengeluarkan guyonan. “Terima kasih untuk tim, staf, dokter, fisioterapis, fans, direktur klub, dan kepada Kevin Roldan yang memulai segalanya!” ujar Pique, dilansir Football Espana . Terima kasih kepada Roldan merupakan ejekan Pique terhadap Madrid yang puasa gelar musim ini. Roldan adalah penyanyi yang diundang ikon El Real Cristiano Ronaldo pada pesta ulang tahunnya yang ke-30, 7 Februari lalu, beberapa jam setelah timnya dipermalukan 0-4 pada derby kontra Atletico di Vicente Calderon.

Pesta itu terbongkar setelah Roldan mengunggah foto melalui akun Twitter - nya. Insiden itu disebut sebagai pemantik konflik di Madrid yang menyebabkan mereka gagal meraih trofi di semua kompetisi. Konon, pesta tersebut membuat kapten Iker Casillas dan Sergio Ramos marah. Terlepas dari itu, dalam pidatonya Pique juga mendukung Enrique untuk bertahan di Camp Nou musim depan. Dia juga mengucapkan kata perpisahannya kepada Xavi yang akan melanjutkan kariernya bersama Al-Sadd di Liga Qatar musim depan.

“Xavi akan meninggalkan kami, dengan warisan bagaimana bermain sepak bola dan bagaimana mengatasi kemenangan dan kekalahan. Kami belajar banyak darinya. Ini juga bukan wewenang saya menyebut apakah Enrique akan bertahan. Tapi, melihat dari perayaan ini, saya yakin dia akan tetap tinggal di klub ini,” paparnya.

Abdul haris
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0405 seconds (0.1#10.140)