Dipecat

Rabu, 10 Juni 2015 - 07:56 WIB
Dipecat
Dipecat
A A A
FIRENZE - Hanya lantaran dinilai tidak memiliki komitmen terhadap masa depan klub, manajemen Fiorentina memutuskan memberi Vincenzo Montella surat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut para petinggi klub asal Firenze itu, pelatih berusia 40 tahun tersebut terlalu lambat memberikan jawaban tentang keinginan memperbarui kontrak kerja atau pindah ke klub lain.

“Kami (manajemen) telah menafsirkan perilaku Montella akhir-akhir ini sebagai sebuah keinginan yang jelas untuk mengakhiri kontrak yang telah ditandatanganinya dua tahun lalu,” demikian pernyataan La Viola di situs resminya. “Jadi, dengan sangat menyesal, kami harus mempertimbangkan fakta tidak ada lagi kepercayaan yang diperlukan untuk melanjutkan kerja sama. Demi kebaikan klub, kami telah memutuskan memecat Montella. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua hasil kerja kerasnya selama dua musim ini,” bunyi pernyataan resmi klub yang bermarkas di Stadio Artemio Franchi itu.

Dipecatnya Montella disebut banyak media Italia sebuah keputusan yang mengejutkan. Maklum, kinerjanya bersama Fiorentina sebenarnya cukup baik. Dalam dua musim berturut-turut, dia berhasil membawa La Viola finis di peringkat 4 klasemen akhir Seri A. Montella juga sempat menghantarkan Mario Gomez dkk menembus final Coppa Italia dan semifinal Liga Europa.

Merespons surat PHK yang diterima, Montella terlihat tenang. Dia menegaskan selalu berusaha menghormati kontraknya bersama Fiorentina dan tidak berkomunikasi dengan klub lain. Mengenai liburan yang saat ini dijalani, dia mengatakan telah direncanakannya sejak lama sebelum musim 2014/2015 berakhir dan klub mengetahuinya.

“Saya sangat menyesal atas situasi yang telah terjadi. Tentu saja ada kesalahan yang telah dibuat. Namun, saya tidak berniat untuk mencari siapa yang bertanggung jawab. Saya memilih mencari solusi demi kebaikan bersama. Saat ini saya baik-baik saja,” tutur mantan pemain AS Roma itu, dilansir Football Italia. “Apakah saya telah berbicara dengan klub lain? Tidak. Saya tidak pernah bertemu dengan siapa pun, baik presiden maupun para petinggi klub mana pun. Saya selalu berkomitmen menghormati perjanjian yang telah saya buat dengan Fiorentina,” papar sosok yang semasa aktif bermain mendapatkan julukan Pesawat Terbang Kecil itu.

Kini, setelah Montella terdepak, para petinggi Fiorentina langsung bergerak cepat. Beberapa nama pelatih disebut akan segera merapat ke Stadio Artemio Franchi. Paulo Sousa (FC Basel) dan Roberto Donadoni (Parma) menjadi dua sosok yang dipertimbangkan untuk menangani La Viola .

Keduanya dinilai memiliki pengalaman yang cukup dan pemahaman yang baik tentang sepak bola Italia. Donadoni misalnya, musim 2014/2015 memang gagal membawa Parma bertahan di Seri A. Namun, hasil kerja kerasnya di tengah krisis keuangan yang melanda membuat Parma sempat tampil bagus beberapa pekan. Hal yang sama terjadi juga pada Sousa di Liga Swiss.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7590 seconds (0.1#10.140)