Tantangan Italia

Jum'at, 12 Juni 2015 - 07:58 WIB
Tantangan Italia
Tantangan Italia
A A A
SPLIT - Ketimpangan skuad serta rekor buruk mengiringi perjuangan Italia dalam usaha mengalahkan Kroasia pada laga Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2016.

Padahal, Gli Azzurri dituntut meraih kemenangan demi memuluskan jalan menuju Prancis. Dari lima pertandingan, pasukan Antonio Conte baru mengoleksi 11 poin dan menduduki urutan 2. Mereka tertinggal (Kroasia) dan unggul (Norwegia) dua poin atas para pesaing. Kesenjangan pemain merupakan salah satu rintangan Italia saat bertarung di Stadion Poljud dini hari nanti.

Daftar pemain berpengalaman dimulai dari Gianluigi Buffon (147 caps), Andrea Pirlo (113), dan Daniele de Rossi (100). Namun, setelah itu hanya ada satu nama yang mengantongi 50+ caps, yakni Claudio Marchisio (51). Di luar pasukan Antonio Conte beranggotakan pemain minim pengalaman di level internasional. Tidak hanya menyangkut pengalaman, kepincangan turut terlihat pada produktivitas. Urutan pemain tersubur mereka adalah De Rossi (16 gol), Pirlo (13), serta Marchisio (4).

Bek Leonardo Bonucci (3) lebih tajam ketimbang penghuni lini depan mencakup Graziano Pelle (2), Alessandro Matri (1), Ciro Immobile (1), dan Stephan El Shaarawy (1), sedangkan Manolo Gabbiadini dan Nicola Sansone belum mencetak gol. Kesenjangan ini bisa berakibat fatal, terutama jika para pemain berpengalaman atau subur gagal mengeluarkan performa terbaik. Padahal, kebugaran turut menghantui.

Fisik Buffon, Pirlo, dan Marchisio tidak dalam kondisi 100% sehabis final Liga Champions akhir pekan lalu, sedangkan Andrea Barzagli dan Marco Verratti diragukan karena cedera. Situasi kurang menguntungkan Italia lain berupa buruknya sejarah. Gli Azzurri memiliki rekor negatif kontra Kroasia. Mereka cuma sekali memetik kemenangan pada delapan pertemuan serta menderita tiga kekalahan.

Meski begitu, nasib baik masih mengiringi Italia pada pertandingan nanti. Kekuatan tuan rumah timpang menyusul terkaparnya Luka Modric. Vatreni juga tidak mendapat dukungan suporter. Mereka terkena sanksi menyusul aksi rasisme pada laga kontra Norwegia di Zagreb, Maret lalu.

”Italia memang berada di bawah Kroasia pada klasemen. Harus diakui performa mereka sangat berkembang pada beberapa tahun terakhir. Tapi, absennya penonton akan membantu kami,” kata Marchisio, dilansir Football Italia.

Harley ikhsan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4411 seconds (0.1#10.140)