Digandeng Nyonya Tua

Sabtu, 20 Juni 2015 - 11:03 WIB
Digandeng Nyonya Tua
Digandeng Nyonya Tua
A A A
TURIN - Juventus terus memperkuat lini depan pada bursa transfer musim panas ini. Nyonya Tua, julukan Juventus, resmi mendapatkan penyerang keduanya setelah mengamankan tanda tangan Mario Mandzukic.

Wajah baru terus berdatangan ke Juventus Arena. Mandzukic menjadi penghuni teranyar setelah dibeli seharga 18 juta euro dari Atletico Madrid. Penyerang berusia 29 tahun itu kabarnya menyepakati kontrak berdurasi empat tahun dan menerima upah 3,5 juta euro per musim.

Dari total 18 juta euro tersebut, sebanyak 15 juta euro di antaranya harus dilunasi Juventus pada awal dan sisanya sebesar 3 juta euro berupa bonus. Cair atau tidaknya uang itu tergantung performa bintang asal Kroasia itu pada musim 2015/2016. Kemungkinan besar acuannya adalah gelar.

“Saya sudah berbicara (dengan direktur olah raga) Andrea Berta hampir setiap hari. Kami sepakat setiap pemain di klub ini harus terus tumbuh. Sekarang semuanya tergantung klub. Mario Mandzukic? Siapa yang pergi dan bertahan bukanlah wewenang saya. Klub yang akan menentukan,” ucap Pelatih Atletico Diego Simeone, dilansir Marca.

Kesepakatan itu membuat kiprah Mandzukic di Vicente Calderon hanya berlangsung satu musim. Dia hijrah dari Bayern Muenchen pada 10 Juli 2014. Ini cukup mengejutkan lantaran kontraknya bersama Los Rojiblancos baru berakhir 30 Juni 2018. Apalagi, bila melihat kinerjanya, Mandzukic sempat diyakini bakal dipertahankan Atletico.

Mandzukic tampil bagus pada debutnya di Primera Liga dengan mengemas 12 gol dari 27 laga. Sosok kelahiran Slavonski Brod, SR Croatia, itu total menghasilkan 20 gol dari 42 kesempatan. Dia merupakan top skor Atletico kedua setelah Antoine Griezmann yang menyumbang 25 gol secara keseluruhan. Namun, Atletico tampaknya punya rencana lain. Ini diyakini efek hadirnya Fernando Torres.

Atletico lebih memilih El Nino walau cuma meraih lima gol dari 26 laga di semua event. Disinyalir faktor finansial jadi dasar pertimbangan Atletico. Apa pun alasannya, Atletico rugi 5 juta euro, mengingat sempat merogoh 22 juta euro untuk memboyong Mandzukic.

Sementara bagi Juventus, Mandzukic merupakan rekrutan ketiga selama berlangsungnya bursa musim panas. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu sebelumnya memboyong Paulo Dybala seharga 32 juta euro dari Palermo, lalu Sami Khedira yang didapat secara gratis dari Real Madrid. Itu berarti Juventus sudah menghabiskan hingga 50 juta euro.

Datangnya Mandzukic sekaligus mempertegas rumor yang beredar soal Carlos Tevez. Konon penyerang asal Argentina itu ingin pulang ke kampung halaman. Intinya, Juventus gagal meyakinkan agar Tevez tetap bertahan. Tevez hampir dipastikan pergi pada musim depan. Mantan penyerang Manchester United (MU) itu ingin kembali ke klub lamanya, Boca Juniors.

Pembelian Mandzukic turut pula menjawab teka-teki mengenai Paul Pogba. Bisa dikatakan Pogba bakal hengkang dari Juventus. Manchester City (Man City) disebutkan sudah menyiapkan 82,9 juta euro demi mendapatkan Pogba.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0904 seconds (0.1#10.140)