Daya Tarik Copa America Melemah

Minggu, 21 Juni 2015 - 09:42 WIB
Daya Tarik Copa America Melemah
Daya Tarik Copa America Melemah
A A A
Pertama Luis Suarez. Kemudian Neymar. Apa jadinya jika Lionel Messi dan Argentina tersingkir cepat di Copa America 2015? Daya tarik kompetisi dipastikan melemah. Keputusan komisi disiplin (komdis) CONMEBOL menjatuhkan hukuman berat untuk aksi tidak terpuji Neymar patut dipuji.

Mereka bermaksud menciptakan efek jera bagi pemain dan tidak bersikap tebang pilih dalam memberi vonis. Namun, kebijakan komdis tetap menimbulkan efek negatif. Minat penonton, terutama asal Eropa dan Asia, berpotensi berkurang karena menghilangnya kapten Brasil tersebut. Popularitas Neymar memang tidak perlu diragukan.

Neymar berada di urutan ketiga pesepak bola dengan jumlah pengikut terbanyak di Twitter. Memiliki followers18,7 juta, dia cuma kalah dari Cristiano Ronaldo (36,2 juta) dan Kaka (23 juta). Di Facebook, Neymar juga menempati urutan ketiga berkat pilihan suara like52,6 juta. Dia berada di bawah Ronaldo (103,7 juta) dan Messi (52,6 juta). Ketenaran Neymar turut terlihat pada sektor lain.

Forbes melaporkan, penjualan jerseyBrasil nomor punggung 10 milik Neymar melonjak 200% ketika Piala Dunia 2014 hendak dimulai. Tingginya ketertarikan publik membuat berbagai brandmenggandeng pemain berusia 23 tahun ini untuk mempromosikan produk mereka, di antaranya Nike, Red Bull, Panasonic, Rexona, Volkswagen, hingga Police.

Tidak hanya itu, ketenaran Neymar mendorong sejumlah orang tua menggunakan namanya bagi putra mereka yang baru lahir. Metromencatat ada delapan bayi laki-laki di Inggris dan Wales yang diberi identitas Neymar pada 2013. Namun, reputasi tersebut ternoda akibat ulahnya pada laga kontra Kolombia, Kamis (18/6).

Menjadi tumpuan utama Selecao, dia gagal menjaga emosi di bawah tekanan provokasi lawan. “Walau begitu, aksi Neymar tetap tidak bisa dibenarkan. Dia sangat agresif. Mengenakan seragam tim nasional, Neymar semestinya tidak berperilaku demikian,” kata striker legendaris Brasil Ronaldo Nazario, dikutip O Globo.

HARLEY IKHSAN
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)