Dominasi La Roja

Rabu, 24 Juni 2015 - 09:25 WIB
Dominasi La Roja
Dominasi La Roja
A A A
SANTIAGO - Cile mendominasi Best XI fase grup Copa America 2015 dengan mencatatkan empat nama, termasuk Arturo Vidal yang sempat mengalami kecelakaan mobil saat turnamen itu berlangsung.

Musibah kecelakaan mobil yang dialami Vidal tidak membuat namanya meredup di Copa America 2015. Berkat permainan konsisten, gelandang Cile tersebut menjadi salah satu pemain dalam turnamen tersebut. Terpilihnya Vidal sebagai salah satu pemain dalam tim terbaik fase grup Copa America 2015 memang menimbulkan pro dan kontra. Maklum, gelandang Juventus tersebut sempat membuat kontroversi.

Setelah laga kedua Cile kontra Meksiko, Senin (15/6), Vidal mengalami kecelakaan setelah mobil Ferrari yang dikendarainya rusak parah di jalan raya, di luar Kota Santiago. Saat mengemudi, Vidal berada dalam pengaruh alkohol. Dia bahkan berteriak dan memaki polisi yang mengamankannya. Namun, beruntung, Vidal terhindar dari hukuman lantaran polisi hanya mencabut izin mengemudinya.

Karena itu, Vidal menghaturkan permohonan maaf. Dia mengaku sangat menyesal karena perbuatan yang dilakukannya berdampak buruk bagi keluarga dan tim nasional Cile. Pemain berusia 28 tahun tersebut berjanji akan membayar kesalahannya dengan membawa Cile berprestasi di Copa America 2015.

Terlepas dari kontroversi di atas, Vidal memang layak masuk tim terbaik fase grup. Dia menjadi salah satu pemain berpengaruh di fase grup, khususnya bagi Cile. Vidal berperan besar membawa La Rojalolos ke perdelapan final dengan menjuarai Grup A sekaligus memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara Copa America 2015 dengan torehan tiga gol.

Namun, Vidal bukanlah satu-satunya pemain Cile. Tiga rekan setimnya, yakni kiper Claudio Bravo, Gary Medel, dan Charles Aranguiz juga masuk tim terbaik fase grup. Empat tempat tersisa diisi Thiago Silva (Brasil), Jose Gimenez (Uruguay), Carlos Lobaton (Peru), Lucas Barrios (Paraguay), Carlos Sanchez (Kolombia), serta duo Argentina Lionel Messi, dan Sergio Aguero.

Dalam barisan Best XI fase grup itu tidak tercantum nama Neymar Junior. Kapten Brasil itu terusir dari turnamen lantaran sanksi empat laga setelah diganjar kartu merah karena bertikai dengan striker Kolombia Carlos Bacca pada laga kedua fase grup, pekan lalu. Keberhasilan empat pemain Cile menembus daftar tim terbaik dinilai pantas oleh gelandang Cile Marcelo Diaz.

Menurutnya, La Roja melaju ke perempat final dengan sangat meyakinkan, yakni menjuarai Grup A. Dia menegaskan bahwa Cile akan berupaya mengalahkan Uruguay, Kamis (25/6), guna memuluskan langkah ke babak semifinal.

“Berdasarkan statistik terlihat jelas bahwa Cile tampil sangat baik di fase grup. Penampilan kami terus meningkat di setiap pertandingan. Meski banyak tim yang bagus, saya pikir kami (Cile) layak menjadi tim terbaik di fase grup,” pungkasnya.

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5653 seconds (0.1#10.140)