Kematangan Jerman Mengubur Ambisi Tuan Rumah

Kamis, 25 Juni 2015 - 10:03 WIB
Kematangan Jerman Mengubur Ambisi Tuan Rumah
Kematangan Jerman Mengubur Ambisi Tuan Rumah
A A A
Keinginan tuan rumah Republik Ceko menjadi juara Piala Eropa U-21 untuk kedua kali setelah 2002 resmi kandas.

Tim yang menggagalkan misi Jan Kliment dkk adalah Jerman, yang dini hari kemarin menciptakan skor 1-1 pada laga di Eden Arena, Praha. Seusai pertandingan para pemain Jerman mengakui semangat juang tuan rumah. Dengan jujur, tim berkostum putih itu menyatakan Rep Ceko menampilkan sepak bola yang tidak terlalu buruk.

Bahkan, menurut Joshua Kimmich, bila tidak dinaungi dewi keberuntungan, Jerman sebenarnya bisa menderita lebih dari satu gol. ”Rep Ceko bermain sangat bagus. Mereka memaksa kami untuk terus berlari. Mereka melakukan semua cara untuk membuat kami kehilangan tenaga dan konsentrasi. Jujur, kami sedikit beruntung. Permainan mereka tidak mampu membuat banyak gol bersarang ke jala kami. Tentu saja hasil imbang cukup adil,” ucap Kimmich di situs resmi UEFA.

Lebih lanjut, Kimmich menjelaskan, keberhasilan lolos ke Olimpiade 2016 sangat disyukuri. Apalagi, Der Panzermuda juga memiliki kesempatan besar untuk menjadi juara Piala Eropa U-21. ”Melihat apa yang dilakukan pada tiga laga fase grup, saya rasa kami bisa menghasilkan sesuatu yang membanggakan di tempat ini (Praha),” tutur gelandang klub Divisi II Jerman Rasen Ballsport Leipzig itu.

Senada dengan Kimmich, Horst Hrubesch, selaku arsitek Jerman, juga menyatakan keberhasilan lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro sebagai runner-upGrup A membuat tekanan mengendur. Menurut dia, para pemain kini bisa tampil lepas pada semifinal menghadapi juara Grup B di Andruv Stadion, Olomouc, Sabtu (27/6).

Dia percaya Jerman akan ke final dan menjadi yang terbaik di Piala Eropa U-21. ”Sekarang tekanan telah hilang. Tentu saja target kami ke final dan juara. Saya percaya para pemain sangat ingin pulang ke Jerman dengan trofi juara. Karena itu, inilah saatnya. Kami memiliki peluang besar. Kami tidak boleh menyianyiakan kesempatan ini. Kami akan bertarung di semifinal untuk mendapatkan satu tiket final,” kata Hrubesch.

Negara lain dari Grup A yang lolos ke semifinal adalah Denmark. Tim Dinamitmuda akan bertemu runnerupGrup B di Generali Arena, Praha, Sabtu (27/6), setelah mengalahkan Serbia 2-0. Dengan tampil pada semifinal plus menggapai tiket Olimpiade, target Denmark selanjutnya adalah menjuarai turnamen sepak bola junior Benua Biru tersebut. Mereka optimistis bisa ke final dan juara.

”Hari ini (dini hari kemarin) kami bergembira karena bisa mengalahkan Serbia. Namun, turnamen belum berakhir. Masih ada semifinal dan final. Jadi, setelah lolos ke fase knock-out, target kami selanjutnya adalah juara. Tinggal dua pertandingan lagi. Kami harus fokus dan tidak terlena,” ungkap Viktor Fischer, striker Denmark yang membela Ajax Amsterdam di Liga Belanda.

Andri Ananto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6097 seconds (0.1#10.140)