AS-Jepang Rajai Daftar Nominasi Pemain Terbaik

Sabtu, 04 Juli 2015 - 11:49 WIB
AS-Jepang Rajai Daftar Nominasi Pemain Terbaik
AS-Jepang Rajai Daftar Nominasi Pemain Terbaik
A A A
JAKARTA - Memasuki final Piala Dunia Wanita, FIFA akhirnya mengumumkan para calon pemain terbaik. Delapan nama berpeluang menjadi pesepak bola wanita yang akan meraih “bola emas” alias pemain terbaik turnamen.

Sebagai tim yang akan berjibaku pada pertandingan puncak, Amerika Serikat (AS) dan Jepang mengirim jumlah pemain terbanyak. Mereka adalah Megan Rapine, Julie Johnston, dan Carli Lloyd dari kubu AS. Sementara Aya Miyama dan Saori Ariyoshi mewakili Jepang. Tiga pemain lainnya, Lucy Bronze (Inggris), Amandine Henry (Prancis), dan Celia Sasic (Jerman). Sasic, untuk sementara, merupakan top skor turnamen dengan enam gol.

Selain pemain terbaik, penghargaan juga akan diberikan kepada penjaga gawang dan pemain muda terbaik. Untuk kiper, kandidatnya Nadine Angerer (Jerman), Ayumi Kaihori (Jepang), dan Hope Solo (AS). Sementara gelar pemain muda terbaik akan diperebutkan Kadeisha Buchanan (Kanada), Ada Hegerberg (Norwegia), dan Jiali Tang (China). Semua penghargaan itu, termasuk Trofi Fair Play, akan diberikan setelah final.

Sesuai jadwal, dini hari nanti, Piala Dunia Wanita akan menampilkan Jerman dan Inggris. Laga di Commonwealth Stadium, Edmonton, itu merupakan play-off perebutan peringkat 3. Jerman berada di fase ini setelah dikalahkan AS dan Inggris menyerah dari Jepang. Meski hanya sebagai trofi hiburan, para punggawa kedua tim ternyata sangat serius menghadapi pertandingan tersebut.

“Tentu saja kami kecewa (gagal ke final). Namun, kami masih memiliki satu pertandingan lagi (play-off peringkat 3). Kami membutuhkan hal besar untuk menghadapi Jerman. Kami harus menampilkan sepak bola berkelas agar bisa memenangkan pertandingan,” ujar gelandang The Three Lionesses Fara Williams, di situs resmi FIFA.

Di kategori pria, pertarungan Jerman dengan Inggris masuk kategori klasik. Pasalnya, tim yang sama-sama mengenakan jersey putih itu telah bersaing sejak lama. Rivalitas Jerman-Inggris bahkan dibumbui aroma politik dan konflik bersenjata Perang Dunia II.

Tak heran, para pemain wanita kedua tim menganggap pertandingan nanti sangat penting. Kemenangan menjadi target utama. “Tidak ada yang bisa dikerjakan para pemain selain mengalahkan Inggris (pada play-off peringkat 3). Berada di peringkat 3 setidaknya akan mengobati kekecewaan fans karena kami gagal ke final,” ungkap juru latih Die Nationalelf Silvia Neid, kepada awak media.

Selain berpeluang menempati peringkat 3, Jerman juga hampir pasti mendapatkan sepatu emas. Pasalnya, selisih gol Sasic dengan Carli Lloyd (top skor AS) terpaut tiga. Bahkan, di bawah Sasic masih ada Anja Mittag yang menghasilkan lima gol.

Andri Ananto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7047 seconds (0.1#10.140)