Tergantung Presiden Baru

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:54 WIB
Tergantung Presiden Baru
Tergantung Presiden Baru
A A A
BARCELONA - Jalan Arda Turan menuju Camp Nou masih menemui rintangan. Dia harus menunggu hasil pemilihan Presiden Barcelona sebelum memastikan bergabung.

Dalam salah satu kesepakatan terumit sepanjang sejarah, Turan menandatangani kontrak selama lima musim menyusul kepindahannya dari Atletico Madrid. Dia dibeli senilai 34 juta euro plus 7 juta Euro, tergantung performa dan prestasi. Namun, ada satu opsi tambahan pada perjanjian yang melibatkan kedua klub. Barcelona bisa memulangkan Turan ke Atletico sebelum 20 Juli.

Klausul tersebut hadir mengantisipasi penolakan pemimpin baru El Azulgranayang terpilih pada 18 Juli. Jika demikian, Barcelona mesti membayar denda sebesar 3,4 juta euro ke Atletico. Skenario pengembalian ini mungkin terwujud karena presiden anyar memiliki preferensi berbeda. Joan Laporta, salah satunya.

Dia menjanjikan kehadiran Paul Pogba kalau kembali dipercaya mengisi kursi presiden. “Manajemen transisi klub memberi lampu hijau transaksi ini sebagai terima kasih kepada Luis Enrique. Turan merupakan permintaan pelatih,” kata Presiden Interim Barcelona Josep Maria Bartomeu, dikutip El Mundo Deportivo. Walau berpotensi batal, Barcelona dinilai tidak terlalu rugi.

Pasalnya, penalti 10% biaya transfer Turan sudah memperkuat posisi mereka pada persaingan memperebutkan jasa playmaker asal Turki tersebut. Rivalitas mendapatkan tanda tangan Turan memang sengit. Dia diincar berbagai klub Eropa, salah satunya Chelsea. Kinerja impresif Turan menjadi alasannya.

Tiba di Vicente Calderon dari Galatasaray tahun 2011, sosok berusia 28 tahun tersebut menyumbang 22 gol pada 178 pertandingan bersama Atletico. Dia turut membantu klub memenangkan Primera Liga 2013/2014, Copa del Rey 2012/2013, Supercopa de Espana 2014, Liga Europa 2011/2012, dan Piala Super Eropa 2012.

“Kami tidak bisa menunda kesepakatan ini. Presiden anyar nanti memiliki keputusan final. Saya kira kami berhasil mendahulukan kepentingan terbaik klub,” ujar Direktur Pelaksana Barcelona Ramon Adell. Prospek bergabungnya Turan serta pembelian Aleix Vidal membuat Barcelona sukses menutup lubang dalam skuad. Turan diproyeksikan menggantikan Xavi yang hengkang ke Al Sadd.

Sementara Vidal mengisi posisi Martin Montoya yang dipinjamkan ke Inter Milan. Meski begitu, Turan dan Vidal baru boleh memperkuat El Azulgrana pada Januari 2016 karena hukuman embargo transfer. Di sisi lain, Atletico kembali kehilangan salah satu pemain penting. Los Colchoneros telah melego Mario Mandzukic dan Miranda serta memulangkan Cristian Ansaldi dan Cani. Atletico baru meresmikan kedatangan Jackson Martinez dan Luciano Vietto.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7031 seconds (0.1#10.140)