Bartomeu dan Laporta Bersaing Ketat

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:54 WIB
Bartomeu dan Laporta Bersaing Ketat
Bartomeu dan Laporta Bersaing Ketat
A A A
Hanya Josep Maria Bartomeu yang pasti meresmikan transfer Arda Turan ke Barcelona. Sementara empat kandidat pemimpin El Azulgranabelum memberikan jaminan.

Bartomeu akan bersaing melawan Joan Laporta, Agusti Benedito, Toni Freixa, dan Joan Batiste pada pemilihan presiden Barcelona pada Sabtu (18/7). Dia menjadi favorit, meski Barcelona terkena sejumlah masalah di luar lapangan, di antaranya skandal pembelian Neymar dan hukuman transfer pemain. Sosok berusia 52 tahun itu membuktikan kepiawaiannya dalam menjalankan klub lewat serangkaian manuver.

Tidak lama setelah menutup kampanye 2014/2015 melalui torehan tiga gelar, Bartomeu sukses membujuk Dani Alves, Pedro Rodriguez, serta Entrenador Luis Enrique memperpanjang kontrak. Dia juga berhasil memboyong Aleix Vidal, serta menuruti permintaan Enrique untuk merekrut Turan.

Rival terbesar Bartomeu tidak lain Laporta, pria yang memulihkan reputasi Barcelona pada awal abad ke- 21. Kepiawaian Laporta ditandai penunjukan Frank Rijkaard dan Pep Guardiola. Laporta pula yang memberi kursi nakhoda Barcelona B di awal karier kepelatihan Enrique. Sementara tiga calon lain diprediksi sulit bersaing. Benedito menempati urutan kedua pada pemilu 2010.

Namun, dia memancing kontroversi ketika mengklaim niat Barcelona menjual Lionel Messi pada bursa transfer musim dingin 2015. Freixa memiliki pengalaman setelah menduduki kursi direksi di bawah kepemimpinan Laporta, Bartomeu, dan Sandro Rosell.

Dikenal tidak segan mengutarakan pendapatnya, dia dilengserkan pada Oktober 2014 lantaran bersitegang dengan Bartomeu. Sementara Batiste melontarkan berbagai rencana perbaikan demi mengalahkan para rival. Dia berjanji akan mengumumkan arus keluar masuk keuangan klub jika terpilih. Ikrar transparansi ini diharapkan bakal menarik suara menyusul kasus Neymar.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6851 seconds (0.1#10.140)