Dibidik Porto

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:56 WIB
Dibidik Porto
Dibidik Porto
A A A
MADRID - Setelah AS Roma kini giliran FC Porto yang dikabarkan tertarik menggunakan jasa Iker Casillas. Konon, klub elite Portugal itu siap mengajukan proposal 15 juta euro.

Primera Liga 2015/2016 akan bergulir sekitar satu bulan lagi. Namun, Casillas kemungkinan tidak bisa mengarunginya bersama Real Madrid. Isu bakal hijrahnya kiper berusia 34 tahun itu dari Estadio Santiago Bernabeu dihembuskan stasiun televisi lokal, TVE. Televisi yang berbasis di Madrid itu menyebut Porto telah mengajukan proposal resmi untuk merekrut Casillas.

Ucapan agen Casillas, Carlo Cutropia, makin memanaskan spekulasi tersebut. Cutropia menyatakan ada kemungkinan kliennya akan meninggalkan Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Casillas diyakini bakal merantau ke Portugal dan bergabung dengan Porto. Terlebih, sudah ada kesepakatan antara kedua pihak. ”Casillas tertarik bergabung dengan Porto.

Porto juga ternyata berminat merekrutnya. Kami berharap Madrid bersedia memfasilitasi kepergiannya,” ujar Cutropia, dilansir Marca. Kabar terbaru menyebutkan kalau negosiasi antara Porto, Casillas, dan Madrid hampir mendekati fase akhir. Selama berapa jam belakangan, Porto gencar melobi Madrid. Os Dragoesberharap bisa mendapatkan Casillas dengan harga murah.

Maklum, Porto disebut-sebut harus mengeluarkan 15 juta euro. Cutropia membenarkan permintaan Porto, meski perekrutan Casillas bisa memakan biaya besar. Selain mahar, Porto masih harus memberi kompensasi pada Casillas, yakni pelunasan gaji selama dua tahun.

Pasalnya, kontrak pemain kelahiran Mostoles itu baru berakhir 30 Juni 2017. Cutropia juga menegaskan tidak akan menyetujui apa pun sebelum hak Casillas dipenuhi. Maksudnya upah Casillas hingga 2017 yang mencapai 6,5 juta euro harus dibayarkan dulu. Setelah itu barulah dilakukan transaksi. Ini yang memberatkan Porto mengingat tidak punya dana sebesar itu.

Madrid kabarnya mau mengakomodir permintaan Porto. Manajemen disebutkan Los Blancosakan membayar lebih dari separuh gaji Casillas selama 24 bulan tersisa. Namun, Casillas harus sepakat diputus kontrak sehingga statusnya menjadi agen bebas. Cara ini bisa membantu Porto mendapatkan Casillas secara gratis.

Artinya, dengan Madrid menyodorkan opsi itu, bisa dipastikan kalau Casillas bakal hengkang. Ini berarti kiprahnya yang sudah berlangsung sejak 1999 akan usai. Ini sekaligus menguatkan isu kalau David de Gea benar-benar hendak dibeli dari Manchester United (MU).

Porto, Casillas, dari Madrid harus bergerak cepat karena otoritas Primera Liga (LFP) menegaskan laga pembuka akan dilaksanakan pada Agustus. Ini berdasarkan ketentuan Pengadilan Olahraga Spanyol (CSD). Ini mengakhiri perdebatan yang sedang berkecamuk. Awalnya LFP berharap agar kompetisi dimulai pada 15 Agustus karena bisa mengakomodasi keperluan hak siar.

Namun, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) meminta kick-off Primera Liga digelar sepekan kemudian agar nantinya tidak bentrok dengan jadwal UEFA. Disinyalir ini terkait partai Piala Super Eropa antara Barcelona dan Sevilla di Tbilisi, Georgia. CSD akhirnya memenuhi permohonan RFEF.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3225 seconds (0.1#10.140)