The Blues Waspada

Selasa, 21 Juli 2015 - 09:00 WIB
The Blues Waspada
The Blues Waspada
A A A
LONDON - Liga Primer musim 2015/2016 bakal kembali bergulir Agustus mendatang. Persaingan memperebutkan gelar diprediksi akan berjalan ketat sejak awal. Sang juara bertahan Chelsea pun langsung mengusung kewaspadaan tinggi.

Berbicara mengenai kandidat juara, nama Chelsea jelas berada di posisi terdepan. Hal itu tidak berlebihan lantaran The Blues berstatus sebagai juara bertahan. Apalagi, musim lalu skuad asuhan Jose Mourinho tersebut langsung tancap gas sejak pekan pertama. Total, sepanjang musim lalu Chelsea memimpin klasemen selama 274 hari. Mereka menjadi juara dengan torehan 87 poin.

John Terry dkk meninggalkan pesaing terdekatnya, Manchester City (Man City), dengan keunggulan delapan poin. Catatan fantastis tersebut tentu membuat Chelsea layak dijagokan untuk kembali mempertahankan gelar juara. Terlebih, kekuatan mereka tetap terjaga lantaran komposisi skuad mereka tidak banyak memiliki perubahan berarti.

Namun, kondisi itu tidak membuat Mou merasa jemawa. Dia memperingatkan pasukannya untuk tampil lebih baik bila ingin mempertahankan gelar. Menurut dia, persaingan perebutan gelar juara musim depan akan lebih ketat dan berjalan lebih sulit. “Kami harus menjadi tim yang lebih baik jika ingin kembali meraih kesuksesan. Para pesaing kami tentu tidak akan menerima situasi seperti musim lalu terulang,” kata Mou, dilansir express.co.uk .

Chelsea diyakini hanya membutuhkan beberapa pemain tambahan agar keseimbangan tim tetap terjaga. Karena itu, Mou kemungkinan besar akan memprioritaskan sektor belakang dan lini depan. Kepergian Petr Cech ke Arsenal membuat Thibaut Courtois tidak memiliki pelapis sepadan. Di lini depan, rentan cederanya Diego Costa membuat kehadiran penyerang baru sangat dibutuhkan.

Tak salah jika kemudian Mou dengan cepat memboyong Radamel Falcao dengan status pinjaman dari AS Monaco. Sikap waspada yang ditunjukkan Mou bukan tanpa alasan. Pasalnya, para pesaing utama Chelsea, seperti Man City, Manchester United (MU), dan Arsenal telah melakukan pembenahan agar dapat menjadi lebih kuat musim depan.

Man City misalnya. Dana melimpah yang dimiliki pemilik klub, Khaldoon Al Mubarak membuat Pelatih Manuel Pellegrini tidak kesulitan memperkuat skuad. The Citizens bahkan tidak ragu menyiapkan dana besar untuk membujuk bidikan utama mereka di bursa transfer, yakni Raheem Sterling (Liverpool) dan Paul Pogba (Juventus).

Sama seperti Man City, rival sekota mereka, MU, juga tidak bisa dianggap enteng. The Red Devils terus membangun kekuatan. Di samping tengah mati-matian mempertahankan penjaga gawang andalan David de Gea dari kejaran Real Madrid, MU juga sangat aktif dalam bursa transfer. Sejauh ini mereka baru mendapatkan Memphis Depay dari PSV Eindhoven senilai 24 juta pounds.

Berbeda dengan Man City dan MU yang jor-joran menggelontorkan banyak uang, Arsenal justru adem ayem. Tim berjuluk The Gunners tersebut baru mendatangkan Cech dari Chelsea senilai 10 juta pounds. Akan tetapi, Arsenal bukan tidak memiliki dana untuk terjun pada bursa transfer. Pelatih Arsene Wenger lebih hati-hati dalam membelanjakan uangnya.

Soalnya, dalam dua musim terakhir, mereka sudah menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan dua pemain bintang, Mesut Oezil (42 juta pounds) dan Alexis Sanchez (30 juta pounds). Kehadiran mereka terbukti efektif lantaran mampu mempertahankan Arsenal di posisi 3 besar Liga Primer, sekaligus meraih gelar Piala FA dua musim berturut-turut.

Menurut Theo Walcott, Arsenal semakin percaya diri untuk menatap musim depan. “Gelar Liga Primer adalah target kami berikutnya. Kami memang telah meraih dua gelar Piala FA, tetapi saat ini kami memiliki skuad terbaik yang pernah dimiliki sehingga kami harus mencapai tingkat yang lebih tinggi. Kami harus memulai Liga Primer musim depan dengan baik,” paparnya.

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6954 seconds (0.1#10.140)
pixels