Nyanyian Reggae Boyz

Jum'at, 24 Juli 2015 - 10:23 WIB
Nyanyian Reggae Boyz
Nyanyian Reggae Boyz
A A A
ATLANTA - Jamaika mencuri perhatian pada perhelatan Piala Emas 2015. The Reggae Boyz menghentak dunia dengan menembus final perdana mereka seusai melibas Amerika Serikat (AS) 2-1 kemarin.

Jamaika melaju ke partai puncak berkat jasa Darren Mattocks (31) dan Giles Barnes (36) di Georgia Dome, Atlanta, Georgia, AS. Sementara AS menciptakan gol balasan melalui Michael Bradley (48). Hasil itu membuat tim asuhan Winfried Schafer berhak menantang Meksiko dalam perebutan gelar.

Ini menjadi sejarah lantaran Jamaika melenggang ke partai puncak Piala Emas untuk pertama kalinya sejak ikut serta pada 1991. Hasil itu sekaligus mematahkan prediksi mengingat AS lebih diunggulkan. Semula Negeri Paman Sam diyakini bakal lolos karena berstatus tuan rumah dan sudah lima kali beruntun masuk final. AS merasakan final pada 2005, 2007, 2009, 2011, dan 2013.

Dari semua kesempatan itu, tiga di antaranya berujung trofi. Bila ditotal,Uncle Sams Army sudah 10 kali merasakan partai puncak Piala Emas. Sementara Jamaika merupakan tim underdog , apalagi mereka sempat absen pada edisi 2013 akibat tidak lolos kualifikasi. Namun, faktanya berbeda. Jamaika yang awalnya tidak diperhitungkan kini berpeluang merengkuh gelar bergengsi untuk pertama kalinya.

Sejauh ini tim berperingkat 76 dunia itu baru enam kali memenangi Caribbean Cup (Piala Caribia) pada 1991, 1998, 2005, 2008, 2010, dan 2014. “Anda tahu ketika ada tim underdog mengikuti suatu turnamen, tidak ada yang memberi kami tanggapan serius saat penyisihan grup.

Mereka mengira kami hanya akan merebut dua angka dan terdampar di posisi 4. Tapi, kami bisa bertahan. Sekarang kami ada di sini (final),” ucap gelandang Jamaika Jobi McAnuff, dilansir Soccerway. Jamaika yang tergabung di Grup B sempat diremehkan karena harus bersaing dengan Kosta Rika, El Salvador, dan Kanada yang ikut menjadi salah satu tuan rumah.

Namun, Mattocks dkk merusak ramalan dan menguasai klasemen akhir dengan catatan 2 menang dan 1 imbang. Jamaika lalu menundukkan Haiti 1-0 dan melaju ke semifinal. Sekarang mereka hanya perlu melewati satu tantangan lagi untuk melengkapi kisah fantastis The Reggae Boyz.

Mereka tinggal memangsa raksasa lainnya, Meksiko, di Lincoln Financial Field, Philadelphia, AS, Senin (27/7). Negeri Sombrero lolos seusai membungkam Panama 2-1 lewat perpanjangan waktu. “Jamaika ingin lebih. Masih ada satu laga yang masih harus kami mainkan (dan menangkan).

pertandingan itu, barulah Bob Marley,” kata Schafer, yang menukangi Jamaika sejak 2013. Sementara AS hanya berpeluang merebut posisi tiga melawan Panama di PPL Park, Chester,AS Sabtu (25/7). Ini berarti gagal sudah ambisi pasukan Juergen Klinsmann mengikuti sukses timnas AS wanita yang baru saja menjuarai Piala Dunia Wanita.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5044 seconds (0.1#10.140)