Bukan Beli Titel

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:15 WIB
Bukan Beli Titel
Bukan Beli Titel
A A A
WASHINGTON - Tanpa belanja besar, Nakhoda Chelsea Jose Mourinho yakin asuhannya akan tetap kompetitif meladeni para rival yang berusaha keras membeli titel dengan mengucurkan dana besar untuk merekrut pemain-pemain top.

Soliditas The Blues akan kembali diuji saat meladeni Barcelona pada turnamen pramusim International Champions Cup 2015 di FedEx Field, Landover, Maryland, Amerika Serikat, Selasa (28/7) waktu setempat, atau besok pagi WIB. Jelang laga pramusim itu, Mourinho sudah sangat yakin dengan performa skuadnya.

Alasan itulah yang membuatnya tak melakukan belanja besar-besaran musim ini. Padahal musim lalu The Blues belanja besar-besaran dengan menggelontorkan 86,5 juta pounds (Rp1,8 triliun) untuk melabuhkan Cesc Fabregas, Loic Remy, Filipe Luis, dan Diego Costa pada bursa transfer musim panas tahun lalu.

Kemudian, Chelsea kembali merekrut Juan Cuadrado dengan banderol 26 juta pounds pada Februari 2015. Musim ini klub London Barat itu terlihat lebih santai. Dia hanya memboyong kiper Stoke City Asmir Begovic (8 juta pounds) dan striker AS Monaco Radamel Falcao (pinjam), serta dua gelandang muda Nathan asal Atletico Paranaense (4,5 juta pounds), dan Danilo Pantic dari Partizan (1,25 juta pounds) yang kemudian keduanya dipinjamkan ke Vitesse Arnhem.

Nilai itu jauh lebih kecil dibanding tiga rival, seperti Manchester United (MU), Manchester City (Man City), dan Liverpool yang jorjoran di pasar transfer musim panas ini. MU misalnya, yang sudah menghamburkan 75,7 juta pounds (Rp1,585 triliun) untuk membawa Memphis Depay, Bastian Schweinsteiger, Morgan Schneiderlin, dan Matteo Darmian ke Old Trafford.

Tetangga The Red Devils, Man City, juga merogoh kocek dalam mencapai 61 juta pounds (Rp1,276 triliun) untuk menghadirkan Raheem Sterling dari Liverpool, Fabian Delph (Aston Villa), Patrick Roberts (Fulham), dan Enes Unal (Bursaspor). Liverpool pun tak mau kalah.

Demi meningkatkan daya saing, The Reds yang musim lalu finis di peringkat 7 Liga Primer menginvestasikan dana sebesar 67,3 juta pounds (Rp1,4 triliun) untuk memboyong Roberto Firmino, Joe Gomez, Adam Bogdan, Danny Ings, James Milner, Nathaniel Clyne, dan Christian Benteke.

Menurut Mourinho, semua usaha para rival itu tak akan mengecilkan peluang armadanya untuk mempertahankan Trofi Liga Primer musim mendatang. Dia menyebut, masa belanja besar-besaran sudah lewat, kini saatnya mempersolid tim. Ya, pada awal kehadirannya di Stamford Bridge pada 2004, juragan Chelsea Roman Abramovich mengucurkan dana berlimpah untuk membeli pemain.

Hasilnya, The Blues sukses juara Liga Primer dua musim beruntun pada 2004/2005 dan 2005/2006. “Pada awal Tuan Abramovich datang ke Chelsea klub ini membeli titel. Kini merekalah (para pesaing) yang membeli titel. Untuk melawan mereka semua kembali kepada kami. Kami akan berusaha memenangkannya lagi, meski tanpa investasi besar,” ujar Mourinho, dilansir Daily Mail.

Meski begitu, Mourinho masih akan beraktivitas pada bursa transfer. Dia masih berusaha merekrut defender Everton John Stones. Setelah proposal senilai 20 juta pounds ditolak Everton, Chelsea siap memperbaharui tawarannya di angka 26 juta pounds, dan berharap sukses mendaratkan bek bertinggi 188 cm itu sebelum menghadapi Arsenal pada Community Shield, Minggu (2/8). Mourinho memproyeksikan pemuda 21 tahun itu sebagai suksesor John Terry yang akan segera memasuki usia pensiun.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8841 seconds (0.1#10.140)