Turnamen Chandra Wijaya, Tambah Dua Nomor

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:27 WIB
Turnamen Chandra Wijaya, Tambah Dua Nomor
Turnamen Chandra Wijaya, Tambah Dua Nomor
A A A
CHANDRA WIJAYA - Sukses menggelar Yonex- Sunrise Man Double Championship hingga edisi keenam, pada tahun ini kejuaraan spesial ganda yang diprakarsai Chandra Wijaya akan sedikit berbeda.

Turnamen yang diselenggarakan di Gedung Bulu Tangkis Asia Afrika, Senayan, Jakarta, 29 Juli-1 Agustus akan bertambah menjadi tiga sektor. Selain ganda putra, dua sektor lainnya, ganda putri dan ganda campuran, akan menghiasi event tersebut. Akan tetapi, bedanya ganda putra tetap akan mempertandingkan lima nomor, yakni pemula, remaja, taruna, dewasa, dan veteran.

Untuk dua sektor lainnya, hanya akan terfokuskan pada remaja dan taruna. Ketua penyelenggara turnamen Chandra Wijaya mengatakan, animo membuat pertandingan dua sektor tersebut sudah tinggi sejak kejuaraan tahun ketiga dan empat. Apalagi banyak yang memberikan masukan untuk menambah kedua nomor tersebut sudah sejak lama.

Namun, dia mengaku baru memiliki kesempatan itu pada tahun ini. “Khusus untuk ganda putri dan ganda campuran, kami memang fokus pada pembinaan. Mengingat kedua sektor ini kekurangan pemain di level menengah. Karenanya, kami hanya fokus pada nomor taruna dan remaja saja,” kata Chandra kepada wartawan di Senayan, kemarin.

Dengan bertambahnya sektor dan nomor pertandingan, maka hadiah akan bertambah. Jika tahun lalu hadiah menggunakan dolar, pada tahun ini mengikuti kebijakan pemerintah, hadiah uang akan diberikan dalam bentuk rupiah. “Tahun lalu total hadiah USD25,000, pada tahun ini seiring dengan bertambahnya jumlah nomor pertandingan, hadiah juga naik menjadi Rp300 juta.

Pendaftaran dibuka mulai saat ini melalui website CWIBC(Chandra Wijaya Internasional Badminton Center), hingga 23 Juli mendatang,” ujar Chandra. Dengan bertambahnya dua kategori, Chandra menargetkan bisa menjaring sekitar 1.000 peserta daripada sebelumnya hanya 600- 700 peserta.

Peserta asing juga tidak lupa dibidik. Bahkan, sudah ada 56 klub dari enam negara seperti Filipina, Malaysia, Jepang, Singapura, Belgia, dan Indonesia. “Jika sebelumnya hanya membidik Asia Tenggara, kini kami akan lebarkan sayap ke Asia, ke Jepang,” lanjutnya. Pelatih ganda campuran Indonesia Richard Mainaky menyambut baik turnamen spesialis ganda pada tahun ini.

Dalam enam tahun terakhir, akhirnya ajang ini menambahkan nomor ganda putri dan campuran. “Saya sangat mendukung dan sudah menunggu-nunggu selama enam tahun terakhir. Akhirnya turnamen ini menggelar nomor ganda putri dan campuran. Kita tahu bulu tangkis Indonesia selalu diharumkan oleh nomor-nomor ganda. Jadi, saya berharap kedua nomor tambahan itu bisa terus berlanjut,” ujar Richard.

Raikhul amar
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6456 seconds (0.1#10.140)