Misi Rooney

Rabu, 29 Juli 2015 - 09:53 WIB
Misi Rooney
Misi Rooney
A A A
CHICAGO - Kapten Manchester United (MU) Wayne Rooney harus mengasah taji jika ingin menjadi penyerang utama tim. Dengan performa Rooney belum menonjol sepanjang pramusim, The Red Devils justru menunjukkan berlimpahnya amunisi.

MU sukses menciptakan tujuh gol pada tiga laga International Champions Cup (ICC) di Amerika Serikat. Namun, seluruh angka tersebut disumbang pemain berbeda. Morgan Schneiderlin merobek gawang Club America. Juan Mata, Memphis Depay, dan Andres Pereira membuat gol saat menghadapi versus San Jose Earthquakes.

Rooney baru mencatatkan nama di papan skor pada duel terakhir versus Barcelona bersama Jesse Lindgard dan Adnan Januzaj. Daftar pencetak gol MU bisa bertambah beragam ketika mereka melakoni partai penutup ICC kontra Paris Saint-Germain (PSG) di Soldier Field, besok pagi.

Tapi, pertandingan tersebut dapat digunakan Rooney untuk menunjukkan produktivitasnya. Pelatih MU Louis van Gaal berniat mengembalikan Rooney ke titik terdepan serangan, setelah sempat menurunkan ayah dua putra itu di lini tengah pada 2014/2015. Rooney bahkan pernah menjalankan peran gelandang bertahan akibat krisis cedera.

Rencana Van Gaal terdeteksi menyusul kepergian Robin van Persie dan Radamel Falcao ditambah minimnya aktivitas perburuan striker di pasar transfer. “Dia pemimpin kami di lapangan. Rooney berpeluang mengisi posisi penyerang musim depan. Dia harus membuktikan diri. Saya percaya, Rooney mampu melakukannya,” kata Van Gaal, dilansir Manchester Evening News.

Rooney menjadi top skor MU pada 2014/2015, meski cuma menciptakan 14 gol. Dia tidak pernah melewati 20 gol, batas yang dipercaya sebagai tanda ketajaman seorang penyerang, di tiga kampanye terakhir. Dalam 11 tahun memperkuat The Red Devils, Rooney hanya empat kali mencapai atau melampaui 20 gol, yakni di 2006/2007 (23), 2008/2009 (20), 2009/2010 (34), dan 2011/2012 (34).

Mantan punggawa Everton itu pun sadar dengan tanggung jawab yang diembannya. Dia berjanji berusaha menyumbang gol sebanyak mungkin demi memperbesar kesempatan MU memetik prestasi. “Saya tidak menetapkan target (total gol) tertentu. Namun, saya yakin dapat mencetak banyak gol. Semoga saya bisa,” tutur Rooney.

Penyerang berusia 29 tahun tersebut akan menerima pertolongan dari rekan-rekannya. PlaymakerJuan Mata berjanji mengurangi beban Rooney dengan menciptakan gol. Musim lalu pemain asal Spanyol ini sukses membuat 10 gol meski beroperasi di lini tengah. “Saya selalu berusaha memberi kontribusi. Saya juga mulai nyaman meski diturunkan di sisi kananpermainan,” kata Mata.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6870 seconds (0.1#10.140)