Beban Berat Brendan Rodgers

Minggu, 02 Agustus 2015 - 10:13 WIB
Beban Berat Brendan Rodgers
Beban Berat Brendan Rodgers
A A A
SWINDON - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers memikul tugas berat saat memulai kompetisi musim 2015/2016. Dia harus mampu mempersembahkan gelar Liga Primer jika ingin terus bertugas di Anfield hingga kontraknya habis.

Rodgers belum memenuhi ekspektasi sejak diangkat sebagai pelatih mulai 1 Juni 2012. Pelatih berusia 42 tahun itu terus saja gagal memenangi trofi. Baik itu di Liga Primer, Piala FA, Piala Liga, maupun di Eropa, The Reds tidak pernah juara selama ditangani mantan arsitek Swansea City itu. Pada debut musimnya setelah menggantikan Kenny Dalglish, Rodgers hanya bisa membawa Liverpool menghuni posisi 7 klasemen akhir Liga Primer.

Terhenti pada putaran empat Piala FA dan Piala Liga dan kandas pada fase 32 besar Liga Europa. Pada musim 2013/2014 Rodgers dianggap punya peluang menyungguhkan beberapa gelar pada Liverpudlian. Liverpool tampil luar biasa pada paruh musim. Ironis, situasinya lambat laun malah ke luar jalur.

Diawali dengan tersingkir pada putaran ketiga Piala Liga, lalu angkat kaki saat putaran keempat Piala FA. Pada akhirnya klub asal Merseyside itu hanya jadi runner-up Liga Primer. Banyak kalangan yang menilai Rodgers bakal dipecat atas kegagalan itu. Namun, manajemen tetap memberinya kesempatan. Namun, Rodgers masih saja kalah bersaing.

Dia menutup edisi 2014/2015 tanpa gelar. Liverpool terdampar di urutan 6 klasemen, terjungkal pada semifinal Piala FA, Piala Liga, dan terkapar pada babak 32 besar Liga Champions. Meski begitu, Rodgers masih dipertahankan. Bukan berarti dia bisa duduk tenang lantaran musim 2015/2016 dipercaya sebagai deadline.

Bila gagal meraih gelar, dia dipastikan bakal didepak sekalipun kontraknya baru kedaluwarsa pada 30 Juni 2018. Ini cukup masuk akal mengingat Rodgers sudah mengeluarkan hampir 270 juta pounds selama bursa transfer. Pada 2012/2013 menghabiskan 48 juta pounds, lalu menggelontorkan 45 juta pounds.

Musim lalu merogoh hingga 117 juta pounds. Kali ini Rodgers mengeluarkan 67,3 juta pounds. Sepanjang bursa musim panas 2015, Rodgers memboyong Christian Benteke (32,5 juta pounds), Roberto Firmino (21,3 juta pounds), Nathaniel Clyne (10 juta pounds), dan Joe Gomez (3,5 juta pounds). Jumlahnya kemungkinan bertambah karena Rodgers masih punya buruan.

Semua itu tentunya harus ditebus dengan hasil positif. Rodgers wajib setidaknya menggondol takhta Liga Primer, gelar yang belum pernah hadir lagi sejak 1989/1990. Bila syarat itu urung terpenuhi, dia harus bersiap dipecat. Rodgers menyadari posisi serta beban yang menghimpitnya.

Dia juga mengakui musim 2015/2016 akan cukup sulit bagi Liverpool. Tapi, dia yakin Liverpool bisa mencatat awal yang sempurna. Agar itu bisa terlaksana, Liverpool harus bisa melewati laga pramusim dengan hasil bagus. “Saya gembira dengan kontribusi para pemain baru dan staf sejak mereka datang.

Ada komitmen nyata tentang bekerja keras. Saya sudah melihatnya saat latihan. Kami bekerja keras, bahkan sangat keras. Para pemain baru dapat beradaptasi dengan baik. Semoga ini bisa menciptakan musim yang baik bagi kami,” ucap Rodgers, dilansir liverpooleccho.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7930 seconds (0.1#10.140)