Dalam Bahaya

Senin, 03 Agustus 2015 - 09:05 WIB
Dalam Bahaya
Dalam Bahaya
A A A
MARSEILLE - Keinginan Juventus mengalahkan Lazio pada Supercoppa Italia di Shanghai, Sabtu (8/8), mendapatkan ujian serius. Sejumlah pemain pilar Si Nyonya Besar harus istirahat karena cedera pada uji coba pramusim.

Persiapan Juventus menyambut musim baru sedikit mengecewakan tifosikarena tidak menggambarkan predikat sebagai jawara Seri A dan Coppa Italia 2014/2015. Dari tiga laga yang diikuti, mereka hanya mencatat satu kemenangan dan dua kekalahan. Bahkan, pada laga terkini, Juventus dipermalukan Olympique Marseille 0-2 di Stade Velodrome, Marseille.

Jika ditarik lebih jauh, Juventus juga hanya sekali menang dari lima laga terakhir, baik resmi atau uji coba. Tim besutan Massimiliano Allegri itu sempat ditahan Hellas Verona 2-2 pada laga penutup Seri A. Lalu, dikalahkan Barcelona 1-3 saat final Liga Champions dan dihajar Borussia Dortmund 0-2 ketika persahabatan.

Satu-satunya sukses terjadi waktu bersua Lechia Gdansk di PGE Arena, Gdansk. Itu juga hanya dengan skor 2-1. Selama periode itu, Juventus hanya menghasilkan lima gol dan kemasukan 10 kali. Ini diperparah dengan bergelimpangannya sejumlah pemain. Sami Khedira menjadi korban terbaru.

Gelandang anyar yang direkrut dari Real Madrid itu diberitakan terkena cedera hamstring. Pemain berusia 28 tahun itu harus meninggalkan lapangan pada menit ke-25. Dia terlihat kesakitan ketika memegangi otot paha kanan bagian belakang dan konon harus istirahat beberapa hari.

“Cedera yang dialami Khedira sangat disayangkan. Padahal, dia merupakan pemain yang tangguh di lini tengah kami. Tentu saja hal ini merupakan kerugian besar. Kami jelas sangat kehilangan,” ujar Allegri, dilansir Football Italia.

Ini menjadi bencana bagi Juventus jelang Supercoppa yang bergulir pekan nanti. Dengan tersedia sekitar beberapa hari, Khedira dipastikan tidak akan hadir di Shanghai. “Khedira dipastikan tidak akan bermain melawan Lazio,” tandas Allegri.

Absennya Khedira semakin mengurangi kekuatan Juventus. Si Nyonya Besar sebelumnya telah kehilangan tiga pemain. Federico Mattiello dihantam patah kaki pada 5 Maret lalu dan baru bisa beraktivitas 15 September mendatang. Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini juga masih cedera serta terancam absen saat melawan Lazio.

Keadaan ini dipercaya bakal menipiskan peluang Juventus meraih gelar. Pasalnya, selain punya sejumlah pasien, Juventus juga telah melepas beberapa punggawanya. Andrea Pirlo hengkang ke New York City, Carlos Tevez pulang ke Boca Junior, dan Arturo Vidal diboyong Bayern Muenchen. Alessandro Matri ikut hijrah ke AC Milan, Marco Storari merapat ke Cagliari, dan Romulo bergabung dengan Hellas Verona.

Repotnya, amunisi baru belum tampil maksimal. Paulo Dybala yang dibeli sebesar 32 juta euro ditambah 8 juta euro dari Palermo belum mencetak gol selama pramusim. Begitu pula Simone Zaza yang diboyong 18 juta euro dari Sassuolo. Dia juga belum mampu merobek gawang lawan.

Yang dapat membuktikan kapasitasnya hanya Mario Mandzukic. Penyerang tim nasional Kroasia yang dibeli 21 juta euro dari Atletico Madrid itu menyumbang satu gol waktu memukul Lechia. Jika nanti takluk dari Lazio, Juventus sudah dua kali beruntun gagal memenangkan Supercoppa.

Pada edisi 2014, mereka dikalahkan Napoli lewat adu penalti. Kekalahan dari Lazio nanti juga akan menjadi sinyal bahwa Juventus tidaklah sekuat tiga musim terakhir.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0331 seconds (0.1#10.140)