Menuai Banyak Apresiasi Positif di Portugal

Senin, 03 Agustus 2015 - 09:05 WIB
Menuai Banyak Apresiasi Positif di Portugal
Menuai Banyak Apresiasi Positif di Portugal
A A A
JAKARTA - Julen Lopetegui memuji setinggi langit penampilan Iker Casillas saat membela FC Porto menjalani laga-laga uji coba pramusim.

Nakhoda berkebangsaan Spanyol itu menyatakan mantan palang pintu Real Madrid tersebut memiliki semangat seperti pemuda berusia 20 tahunan yang baru saja lulus dari akademi sepak bola. Menurut Lopetegui, tidak ada sedikit pun keraguan terlihat dalam diri Casillas, meski baru saja dicampakkan Los Blancos. Sebagai pemain yang sangat berpengalaman, mantan pelatih tim junior Spanyol itu menyebut Casillas sangat profesional.

Bahkan, tanpa ragu, Lopetegui meminta seluruh pemain muda Porto meniru kapten tim Matadorsaat menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010 itu. “Dia (Casillas) pemain yang memiliki jam terbang tinggi. Namun, dia datang ke tempat ini (Porto) dengan semangat seperti pesepak bola muda. Saya yakin kami akan mendapatkan banyak manfaat dari semangat yang menggebu itu,” kata Lopetegui, dilansir Soccerway.

Sejauh ini Casillas sudah merumput dalam empat pertandingan uji coba pramusim Porto. Hasilnya, tiga kali clean sheets berhasil ditorehkan saat bertemu MSV Duisburg, Schalke 04, dan Valencia. Kehadiran Casillas bahkan secara signifikan mampu membuat para pemain belakang Porto seperti mendapat sokongan tenaga ekstra.

Mereka menilai Casillas akan membuat gawang klub berkostum biru-putih itu semakin kokoh. “Saya berterima kasih kepada fans. Sekarang, saya akan mencoba membayar cinta suporter dengan penampilan bagus serta kemenangan Porto. Tim ini memiliki pertahanan yang bagus. Sejauh ini saya puas dengan cara kami bermain. Menang di pramusim akan membuat kami memiliki mentalitas juara saat kompetisi dimulai,” ungkap Casillas.

Musim ini, Liga Portugal akan mulai berlangsung, Sabtu (15/8). Pada hari tersebut, Porto diagendakan menjamu Vitoria Guimaraes di Estadio do Dragao. Sebagai tim yang mengakhiri musim kompetisi 2014/2015 di peringkat 2, Porto memiliki misi besar pada 2015/2016. Mereka ingin kembali juara sekaligus berprestasi di Liga Champions.

Uniknya, tiga hari sebelum kick-off Liga Portugal, Porto diundang mengikuti Trofeo Santiago Bernabeu. Uji coba pramusim itu akan istimewa karena akan dijadikan pertandingan perpisahan Casillas dengan klub yang selama bertahun-tahun dibelanya. Laporan dari media-media Spanyol menyebutkan tiket pertandingan telah habis terjual sejak akhir bulan lalu. Fans Madrid sangat antusias menyambut sang mantan kapten.

“Sebagai pemain yang memiliki jasa besar bagi Madrid, saya rasa Casillas pantas mendapatkan penghormatan. Sejarah sepak bola menunjukkan tidak banyak pemain yang loyal kepada satu klub selama bertahun-tahun. Saya rasa Casillas adalah pemain yang harus dijadikan anutan,” pungkas Lopetegui.

Andri Ananto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7052 seconds (0.1#10.140)