Cari Bentuk Terbaik

Rabu, 05 Agustus 2015 - 09:53 WIB
Cari Bentuk Terbaik
Cari Bentuk Terbaik
A A A
BARCELONA - Barcelona ingin membuktikan bahwa mereka tidak terpengaruh dengan beberapa hasil buruk yang mereka alami di laga pramusim.

Pembuktian itu terbuka lebar saat Blaugrana menjamu AS Roma pada Trofi Joan Gamper di Camp Nou, dini hari nanti. Dalam tiga laga uji coba terakhir, penampilan Barca memang jauh dari bentuk terbaik. Mereka mengalami tiga kekalahan, 1-3 dari Manchester United (MU), Minggu (26/7); 2-4 adu penalti dari Chelsea, Rabu (29/7); dan 1-2 dari Fiorentina, Senin (3/8). Torehan minor tersebut bahkan sempat membuat Pelatih Luis Enrique kecewa.

Dia mengkritisi buruknya lini pertahanan dan menjadi salah satu faktor utama rentetan kekalahan yang dialami armadanya. Namun, hasil buruk di tiga laga uji coba itu coba disikapi dengan tenang oleh para pemain, salah satunya Ivan Rakitic. Khusus melawan Fiorentina, Rakitic mengakui Barca kurang efektif dalam memanfaatkan peluang. Tapi, dia mengatakan timnya sebenarnya telah bermain baik.

Gelandang asal Kroasia tersebut menilai kekalahan yang terjadi di laga uji coba tidak akan memengaruhi musim Barca secara keseluruhan. Rakitic optimistis timnya perlahan akan kembali ke bentuk terbaik. “Yang paling penting sekarang adalah kami harus segera kembali ke ritme permainan seperti biasa dan mendapatkan kepercayaan diri. Tentu saja kami harus memperbaiki beberapa hal. Tapi, itulah gunanya laga pramusim,” paparnya, dilansir Goal.

Kesempatan bagi Barca untuk kembali membuktikan kualitasnya terbuka lebar, khususnya saat menjamu Roma pada laga Joan Gamper Trophy di Camp Nou, dini hari nanti. Kendati Blaugrana merupakan pengoleksi gelar terbanyak (37), Enrique akan tetap berhati-hati dalam menentukan komposisi pemain yang akan diturunkannya melawan Roma. Pasalnya, jadwal pertandingan klub asal Katalan tersebut terbilang cukup berdekatan.

Mereka bakal melakoni laga yang jauh lebih penting, yakni Piala Super Eropa melawan Sevilla, Selasa (11/8). Setelah itu, Barca akan berhadapan dengan Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol, Jumat (14/8). Guna menghindari risiko cedera, Enrique kemungkinan besar tidak akan menurunkan para pemain yang tampil di Copa America 2015 seperti Lionel Messi, Neymar, Javier Mascherano dan Dani Alves, meski keempatnya telah memulai latihan, Jumat (31/8).

Karena itu, Enrique akan kembali menempatkan Luis Suarez sebagian ujung tombak. Bomber asal Uruguay tersebut akan didukung kreativitas Andres Iniesta dan Rakitic di lini tengah. Sementara di kubu lawan, kondisi tidak jauh berbeda dialami Roma. Tim berjuluk I Lupi tersebut belum mampu meraih kemenangan di dua laga uji coba terakhir. Mereka kalah 4-5 dari Manchester City lewat adu penalti, Selasa (21/7), dan 0-2 dari Sporting Lisbon, Minggu (2/8).

Walau demikian, Roma akan memanfaatkan laga Joan Gamper Trophy kontra Barca untuk mempersiapkan tim sebaik mungkin. Setelah itu, skuad besutan Rudi Garcia tersebut akan beruji coba melawan Sevilla, Minggu (9/8), sebelum melakoni laga perdana Seri A kontra Hellas Verona, Sabtu (22/8). Laga melawan Barca sekaligus menjadi ajang reuni Roma dengan Enrique. Seperti diketahui, Enrique pernah menangani I Lupi periode 2011/2012. Menurut Francesco Totti, selain menjajal kemampuan timnya melawan Barca, Totti mengaku sangat senang dapat bertemu kembali dengan Enrique.

“Saya sangat senang bermain melawan juara Eropa. Itu akan menjadi pertandingan yang hebat. Ini sangat memotivasi dan menyenangkan bermain melawan pemain hebat. Di atas semua itu, mereka ditangani pelatih yang hebat, Enrique,” pungkasnya.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6495 seconds (0.1#10.140)