River Plate Raja Baru Benua Amerika

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 10:05 WIB
River Plate Raja Baru Benua Amerika
River Plate Raja Baru Benua Amerika
A A A
BUENOS AIRES - Penantian panjang River Plate kembali berprestasi di Copa Libertadores akhirnya terwujud tahun ini.

Tim berjuluk Los Millonaros tersebut menjadi juara seusai menundukkan wakil Meksiko Tigres UANL dengan agregat 3-0, Rabu (5/8). Tiga gol kemenangan River dicetak Lucas Alario pada menit ke-44, eksekusi penalti Carlos Sanchez (74), dan Funes Mori (78). Tiga gol itu memastikan mereka meraih gelar juara Copa Libertadores untuk ketiga kali sepanjang sejarah setelah 1986 dan 1996 atau yang pertama dalam 20 tahun terakhir.

Keberhasilan meraih Copa Libertadores edisi kali ini terasa sangat luar biasa. Maklum, empat tahun sebelumnya mereka terdegradasi ke Divisi II Primera Division Argentina, yang merupakan pencapaian terburuk dalam sejarah River. Selain itu, performa mereka tidak terlalu meyakinkan di babak penyisihan grup. Mereka hanya mengemas 1 kemenangan, 4 imbang, dan 1 kekalahan. Beruntung, River tetap melaju ke babak 16 besar setelah menjadi runnerup Grup 6 di bawah Tigres.

Kendati bersusah payah di penyisihan grup, Los Millonaros mendapat titik balik pada babak 16 besar. Mereka sukses menyingkirkan rival utamanya, Boca Juniors, dengan agregat 1-0 di babak 16 besar, Cruzeiro di babak perempat final dengan agregat 3-1, dan Guarani dengan agregat 3-1 di babak semifinal. Keberhasilan River menjuarai Copa Libertadores ini terasa spesial bagi Pelatih Marcelo Gallardo. Maklum, ketika masih aktif bermain, dia menjadi bagian dari skuad River yang menjadi juara pada 1996.

Secara khusus Gallardo mendedikasikan gelar itu kepada fans yang selalu memberikan dukungan luar biasa. “Saya senang untuk fans yang sedang menikmati pesta ini (juara Copa Libertadores),” kata Gallardo, dilansir Reuters. Kendati senang telah menjuarai Copa Libertadores, Gallardo menegaskan bahwa River semakin lapar untuk meraih gelar bergengsi lainnya, termasuk saat mengikuti Kejuaraan Dunia Antarklub 2015. Los Millonaros akan menjadi wakil Amerika Selatan pada event yang berlangsung di Jepang, Desember mendatang.

Bersama Barcelona, River menjadi salah satu klub yang langsung lolos ke babak semifinal pada ajang tersebut. Kejuaraan itu dijadwalkan digelar pada 16 atau 17 Desember. “Ke depan, kami ingin meraih banyak gelar dan kami yakin bisa melakukannya,” pungkas Gallardo.

Sementara Tigres kecewa gagal meraih gelar pertama Copa Libertadores. Kendati demikian, skuad besutan Ricardo Ferretti itu layak berbangga karena bisa melaju ke babak final.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)