Tanggung Jawab Didik Ludiyanto

Senin, 10 Agustus 2015 - 07:46 WIB
Tanggung Jawab Didik Ludiyanto
Tanggung Jawab Didik Ludiyanto
A A A
LAMONGAN - Dipercaya sebagai pelatih caretaker Persela Lamongan menjadi mandat yang tidak ringan bagi Didik Ludiyanto.

Pelatih muda yang selama ini menjabat asisten pelatih itu harus membangun tim dari nol karena hengkangnya Iwan Setiawan. Walau masih memiliki sebagian besar pemain lama, Didik bertanggung jawab penuh pada kondisi tim jelang persiapan ke Piala Presiden 2015. Didik menerima tantangan tersebut dengan antusias dan siap memberikan hasil semaksimal mungkin.

Sebenarnya pelatih yang kerap disapa Didik Pacul ini diam-diam sudah menyiapkan rancangan program tim. Hanya, itu belum bisa dijalankan dengan konkret karena manajemen masih wait and see terkait awal persiapan tim menuju Piala Presiden. “Saya siap memberikan kemampuan terbaik dan ingin Persela tak sekadar ikut. Kalau misalnya bisa sampai semifinal, ya harus kami perjuangkan. Soal rencana persiapan tim, saya sudah punya rancangannya dan tinggal menunggu aba-aba dari manajemen,” kata Didik.

Persela, yang kehilangan Iwan karena pilih menangani Pusamania Borneo FC, tidak tertarik mencari pelatih anyar untuk Piala Presiden. Didik yang menjabat asisten pelatih diserahi tanggung jawab lebih besar sebagai head coach. Didik merasa nyaman karena semua berjalan sesuai harapan. “Kami masih menjalin kontak dengan para pemain. Tapi, saya belum tahu bagaimana kondisi mereka. Jadi, mungkin kondisi fisik akan menjadi problem yang pertama kami tangani,” ujarnya.

Didik sekaligus melontarkan optimisme bahwa Persela masih mempunyai daya bersaing dengan klub-klub level satu lainnya. Walau banyak tim yang memilih tidak vakum alias lebih stabil, menurutnya, itu bukan persoalan. Dia menilai pemain Persela memiliki spirit yang tinggi. “Saya mengenal betul karakter para pemain di sini. Kalau nanti sudah punya komitmen bermain di Piala Presiden, saya yakin mereka akan memberikan kualitas maksimal. Saya masih yakin Persela memiliki kualitas saat bertanding nanti,” tandas Didik.

Kapten Persela Khoirul Huda percaya, Didik bakal mampu mengemban tugas dengan baik sebagai pelatih caretaker. Huda menilai Didik memiliki pengetahuan sangat mendalam soal Persela, baik kualitas pemain maupun karakter tim.

“Coach Didik tahu bagaimana menangani Persela dan pintar memotivasi pemain, baik di dalam maupun luar lapangan. Saya yakin Persela tidak perlu khawatir kehilangan pelatih selama ada Coach Didik. Para pemain juga nyaman dengan sistem kepelatihanya,” tutur Huda.

Kukuh setyawan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6918 seconds (0.1#10.140)