Andre Ayew, Dimitri Payet, Georginio Wijnaldum yang Terbaik

Selasa, 11 Agustus 2015 - 08:05 WIB
Andre Ayew, Dimitri Payet, Georginio Wijnaldum yang Terbaik
Andre Ayew, Dimitri Payet, Georginio Wijnaldum yang Terbaik
A A A
Pekan perdana Liga Primer menampilkan beberapa pemain debutan. Namun, ada tiga nama yang layak mendapatkan acungan dua jempol karena memiliki peran signifikan bagi klub masing-masing.

Mereka adalah Andre Ayew (Swansea City), Dimitri Payet (West Ham United), dan Georginio Wijnaldum (Newcastle United). Meski Memphis Depay (Manchester United) menjadi pemain debutan yang diharapkan bersinar pada debut Liga Primer, fakta menunjukkan hal lain. Pada hari pertama musim 2015/2016, Sabtu (8/8), justru Ayew yang menjadi buah bibir.

Tampil di Stamford Bridge menghadapi Chelsea, mantan pemain Olympique Marseille itu mencetak sebuah gol untuk membantu The Swans bermain imbang 2-2 dengan sang juara bertahan. Kejutan Ayew dan Swansea berlanjut pada laga Minggu (9/8). Tampil di Emirates Stadium, Payet sukses membawa West Ham mengalahkan Arsenal 2-0. Gelandang serang berkebangsaan Prancis itu memang tidak mencetak gol. Namun, berkat tendangan bebasnya, yang gagal diamankan Petr Cech, Cheikhou Kouyate berhasil mencetak gol pertama The Hammers .

Sepanjang pertandingan, Payet juga menjadi salah satu pemain West Ham yang mampu membuat para pemain belakang The Gunners kebingungan. Beberapa kali pesepak bola kelahiran Pulau La Reunion di Samudera India itu mendapatkan kesempatan di lini pertahanan Arsenal. “West Ham tampil bagus. Namun, (Diafra) Sakho, Kouyate, Payet luar biasa,” tulis mantan pemain West Ham, Sir Geoff Hurst, lewat Twitter .

Selain Ayew dan Payet, Wijnaldum juga menjadi salah satu debutan yang bersinar pada pekan perdana Liga Primer. Meski Newcastle hanya mendapatkan satu poin saat bertemu Southampton di St James’ Park, gelandang asal Belanda yang didatangkan dari PSV Eindhoven itu menuai banyak pujian. Wijnaldum berhasil menceploskan bola ke gawang The Saints .

“Mungkin akan banyak yang menduga saya terlalu berlebihan. Namun, saya rasa gol Wijnaldum sangat bagus. Mungkin yang terbaik sejauh ini. Awalnya saya tidak menduga dia sangat bagus di udara. Namun, kenyataannya seperti itu. Steve McClaren (pelatih The Magpies ) beruntung memiliki Wijnaldum,” ujar mantan pemain Chelsea dan Everton, yang kini menjadi komentator pertandingan, Pat Nevin, kepada BBC Sport . Uniknya, bukan hanya yang bersinar yang mendapatkan pujian.

Pada pekan perdana Liga Primer, ada beberapa debutan yang tampil kurang bagus sehingga layak menuai kritik pedas. Adik Ayew, yang kini merumput di Aston Villa, Jordan, menjadi salah satu debutan yang tampil buruk. Menghadapi Bournemouth, striker yang didatangkan dari FC Lorient itu tidak banyak memberi kontribusi sehingga digantikan Rudy Gestede. Debutan lain adalah Aleksander Mitrovic. Rekan setim Wijnaldum itu juga tampil tidak terlalu bagus.

Pemain yang musim lalu mencetak 27 gol bagi Anderlecht di Liga Belgia itu bahkan mendapatkan kartu kuning karena melanggar Matt Targett. Nasib Mitrovic tidak terlalu berbeda dengan Depay. Meski digadang-gadang akan seperti Cristiano Ronaldo, penampilan pertama winger Belanda itu mengecewakan fans.

Andri Ananto
Jakarta
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6568 seconds (0.1#10.140)