Pulang Kampung Setelah Dua Tahun di Ibu Kota

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:48 WIB
Pulang Kampung Setelah Dua Tahun di Ibu Kota
Pulang Kampung Setelah Dua Tahun di Ibu Kota
A A A
Keinginan Asier Illarramendi meninggalkan Real Madrid akhirnya terwujud. Setelah lolos tes medis di klub lamanya, Real Sociedad, pesepak bola kelahiran 8 Maret 1990 itu resmi meninggalkan Estadio Santiago Bernabeu dengan biaya transfer 17 juta euro.

Dengan kesepakatan tersebut, otomatis Los Blancos mengalami kerugian. Pasalnya, saat mendatangkan Illarramendi dari klub yang sama, dua musim lalu, manajemen harus mengeluarkan 32 juta euro. Meski ikut membawa Madrid menjuarai Liga Champions 2013/2014, banyak yang menilai penampilan pemilik nama lengkap Asier Illarramendi Andonegi itu di ibu kota biasa-biasa saja.

”Saya senang bisa kembali ke San Sebastian (kota tempat Sociedad bermarkas). Ini pilihan saya,” ujar Illarramendi, saat tiba di tempat latihan klub asal Basque itu untuk menjalani pemeriksaan medis, kemarin pagi waktu Negeri Matador, dilansir Marca . Illarramendi tidak menjelaskan mengapa memilih kembali ke klub yang membesarkan namanya sejak junior. Namun, banyak yang bisa memahami mengapa Illarramendi harus meninggalkan Madrid.

Kehadiran Lucas Silva pada transfer window musim dingin dan Mateo Kovacic pada musim panas ini diduga menjadi pemicunya. Apalagi, Casemiro juga kembali ke Estadio Bernabeu setelah menjalani masa peminjaman yang sukses di FC Porto. Dengan Luka Modric dan Toni Kroos yang menjadi pemain pilihan pertama Rafael Benitez di gelandang tengah, sangat masuk akal bila Illarramendi kembali ke Estadio Anoeta. Apalagi selama di Sociedad, Illarramendi memiliki karier yang bagus.

Sejak junior, dia telah menjadi pemain pilihan utama para pelatih di klub berkostum setrip biru tua-putih itu. Gaya bermainnya bahkan disamakan dengan Xabi Alonso, yang kebetulan juga berasal dari Sociedad. Yang menarik dari kepergian Illarramendi adalah bukti bahwa Florentino Perez sering gagal dalam melakukan transfer. Catatan menunjukkan, Illarramendi merupakan pemain ke-18 yang gagal bersinar saat dibeli Perez.

Dari 63 pemain dengan dana hampir 1 miliar euro, 28% di antaranya gagal total. Sebut saja Walter Samuel, Jonathan Woodgate, Michael Owen, Thomas Gravesen, Cicinho, Carlos Diogo, Antonio Cassano, Pablo Garcia, Kaka, Pedro Leon, Sergio Canales, Nuri Sahin, hingga Hamit Altintop. Sebelum resmi kembali ke Sociedad, sejumlah klub Inggris sebenarnya telah menunggu untuk mendapatkan tanda tangan Illarramendi.

Liverpool dan Tottenham Hotspur sempat disebut sebagai dua klub Liga Primer yang tertarik menggunakan jasa gelandang terbaik Primera Liga 2012/2013 itu. Spurs dan The Reds dikabarkan sempat bertemu dengan para petinggi Madrid. Namun, sepertinya Illarramendi memang tidak memiliki nyali untuk bermain di luar Spanyol.

Selain bahasa, gaya bermain Primera Liga dan Liga Primer yang berbeda disinyalir sebagai hal yang membuat mantan pemain tim nasional Spanyol U-23 itu lebih memilih Sociedad dibandingkan Tottenham atau Liverpool.

”Kami butuh gelandang yang bisa bermain konsisten. Ada beberapa pemain yang cocok dengan karakter kami, salah satunya Illarramendi. Kami akan mencoba mendatangkannya ke White Hart Lane,” kata Mauricio Pochettino, beberapa waktu lalu, dikutip The Guardian.

Andri Ananto
Jakarta
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)