Daley Blind Membungkam Kritik

Minggu, 30 Agustus 2015 - 09:22 WIB
Daley Blind Membungkam...
Daley Blind Membungkam Kritik
A A A
Dengan tinggi 180 cm dan badan tidak terlalu kekar, banyak yang meragukan kapasitas Daley Blind sebagai bek tengah. Namun, bek Manchester United (MU) itu perlahan membungkam pihak yang meragukannya.

Torehanclean sheetpada tiga laga Liga Primer merupakan buktinya. Blind mampu meredam striker lawan, mulai Harry Kane, Gabriel Agbonlahor, sampai Aleksandar Mitrovic. Dia juga tampil impresif saat menghentikan bomber Club Brugge Tom de Sutter, yang posturnya jauh mengalahkannya (192 cm), pada dua leg play-off Liga Champions. ”Duet saya dengan Chris Smalling sangat baik. Tidak menutup kemungkinan saya memainkan peran lain. Tapi, fokus saya sekarang adalah bek tengah,” kata Blind, dikutip SBS.

Tidak hanya fisik, pengalaman menjadi alasan mengapa banyak yang mempertanyakan kemampuan Blind. Dia hanya sesekali menjalankan tugas itu sebelumnya. Sepanjang kariernya Blind lebih fasih merumput di sisi kiri lini belakang dan kadang mengisi pos gelandang bertahan. Namun, Pelatih MU Louis van Gaal tidak menganggap itu kelemahan, meski turut terdesak keadaan. Van Gaal membutuhkan bek tengah pada persiapan 2015/2016 menyusul urungnya Sergio Ramos bergabung serta partisipasi Marcos Rojo di Copa America. Dia menemukan solusi masalah itu kepada Blind.

”Banyak yang bilang saya kurang jangkung atau bertenaga. Tapi, saya rasa saya cukup pintar untuk bermain sebagai bek tengah,” kata mantan punggawa Ajax Amsterdam itu. Walau sejauh ini impresif, Blind sadar sorotan kepadanya belum sepenuhnya menghilang. Kinerjanya bakal diperhatikan benar kala menghadapi striker-striker berkualitas Liga Primer, mulai Diego Costa sampai Sergio Aguero.

Penyerang Swansea City Bafetimbi Gomis, yang sudah menciptakan tiga gol juga memberi tantangan tersendiri. ”Blind sempat digugat. Namun, duetnya bersama Smalling tampak solid. Mereka saling melengkapi,” tutur eks bek Liverpool Jamie Carragher.

Harley Ikhsan
Jakarta
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6885 seconds (0.1#10.140)