Satu Poin Lagi

Rabu, 09 September 2015 - 09:48 WIB
Satu Poin Lagi
Satu Poin Lagi
A A A
ELBASAN - Kemenangan 1-0 atas Albania pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016, dini hari kemarin, memberi arti penting buat Portugal. Hasil itu membuat A Seleccao Das Quinas hanya butuh satu poin lagi untuk melaju ke Prancis.

Portugal harus susah payah guna memastikan poin sempurna pada laga di Elbasan Arena, markas Albania. Gol semata wayang tim tamu baru tercipta pada menit ke-90+2 yang dicetak Miguel Veloso. Kemenangan Elbasan Arena tidak hanya membalaskan dendam kekalahan 0-1 dari Albania pada pertemuan pertama, September tahun lalu.

Seremoni itu sekaligus memperpanjang catatan apik A Seleccao Das Quinas yang belum terkalahkan di lima laga penyisihan Grup I. Pelatih Portugal Fernando Santos mengapresiasi kinerja para pemain yang berjuang sekuat tenaga hingga berhasil mencetak gol pada injury time . Dia bahkan menilai, Portugal sebenarnya bisa mencetak gol lebih banyak jika Ronaldo dkk mampu memanfaatkan peluang, khususnya pada babak pertama.

”Dinamika permainan kami makin meningkat dan tim bermain baik pada babak pertama. Sangat disayangkan kami tidak mampu memaksimalkan peluang yang kami dapat. Keinginan kuat untuk menang akhirnya membuat kami bisa mencetak gol. Saya pikir kami memang layak menjadi pemenang,” kata Santo, dilansir Abola .

Tiga poin tambahan tersebut membuat Portugal tak tergoyahkan di puncak klasemen sementara Grup I dengan koleksi 15 poin dengan sisa dua laga sisa. Urutan 2 ada Denmark yang mengumpulkan nilai 12 dengan sisa satu laga lagi. Albania di posisi 3 dengan angka 11 dengan sisa dua laga. Itu berarti Cristiano Ronaldo dkk hanya butuh satu poin tambahan untuk bisa memastikan satu dari dua tiket langsung ke Prancis 2016.

Kendati demikian, Santos menegaskan bahwa timnya belum mendapatkan apa pun lantaran masih menyisakan dua laga tersisa kontra Denmark dan Serbia, 8 dan 10 Oktober nanti. Juru taktik berusia 60 tahun itu meminta para pemainnya menganggap laga melawan Denmark sebagai laga hidup-mati yang harus mereka menangkan. ”Kemenangan atas Albania jelas penting dan kami memang hanya membutuhkan satu poin lagi untuk lolos.

Namun, semuanya belum diputuskan. Sekarang kami harus memperlakukan laga melawan Denmark seperti final. Jika kami terus menjaga momentum, kami akan sulit dikalahkan,” ujarnya. Hasil positif yang diraih juga membuat kiper Portugal Rui Patricio lega. Dia menilai, kesabaran serta kegigihan menjadi kunci A Seleccao Das Quinas menjadi kunci mengalahkan Albania yang tampil sangat disiplin.

Namun, Patricio juga berharap rekan-rekannya tidak larut dalam euforia yang berlebihan. Dia mengatakan, Portugal harus berkonsentrasi penuh untuk menghadapi Denmark dan Serbia guna memastikan tiket ke Piala Eropa 2016. ”Kami baru akan merayakan jika kami 100% telah dipastikan lolos ke Piala Eropa 2016. Kami berada di posisi yang baik. Untuk mewujudkannya, kami akan melakukan segalanya di dua laga sisa,” paparnya.

Di kubu lawan, kekalahan 0-1 dari Portugal memperpanjang torehan negatif Albania yang belum meraih kemenangan di dua laga terakhir babak kualifikasi. Akibatnya, skuad besutan Gianni de Biasi tersebut tertahan di peringkat 3 klasemen sementara. Akan tetapi, peluang Albania untuk lolos langsung ke Piala Eropa 2016 akan tetap terjaga bila mampu meraih hasil maksimal di dua laga tersisa melawan Serbia dan Armenia, bulan depan.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0809 seconds (0.1#10.140)