Madrid Rugi Rp266,4 Miliar

Minggu, 13 September 2015 - 13:11 WIB
Madrid Rugi Rp266,4 Miliar
Madrid Rugi Rp266,4 Miliar
A A A
MADRID - David de Gea telah teken kontrak baru dengan Manchester United (MU), Jumat (12/9). Sebuah happy ending buat kiper asal Spanyol itu karena masih diterima di Old Trafford sampai 2019, dengan opsi perpanjangan setahun.

Sementara buat Real Madrid situasi itu memperpanjang kegundahan mereka karena mahalnya ongkos yang harus mereka keluarkan untuk kegagalan transfer tersebut. Menurut harian olahraga Spanyol AS, paling tidak gagalnya pendaratan De Gea ke Santiago Bernabeu memaksa Los Blancos kehilangan 16,5 juta euro (net) atau setara Rp266,4 miliar, dan 34 juta euro (gross).

Neraca pertama meliputi biaya penalti senilai 10 juta euro (gross) atau 5 juta euro (net) yang harus dibayar Madrid kepada De Gea karena tidak jadi merekrutnya musim panas ini. Selain itu, Los Blancos juga wajib meningkatkan 1 juta euro gaji Keylor Navas dan harus menawarkannya kesepakatan yang lebih baik sebagai kompensasi batalnya kepindahannya ke Old Trafford sebagai imbas kegagalan transfer De Gea.

Klub raksasa asal Spanyol itu juga harus menambah 6 juta euro untuk mentransfer Kiko Casila ke Santiago Bernabeu. Belum lagi penalti ”pemaksaan” Iker Casillas ke FC Porto yang membuat sang mantan kapten meminta kompensasi 8 juta euro 24 juta euro haknya dalam kontrak. Sementara 16 juta euro sisanya dibayar patungan antara Madrid dan Porto.

Namun, kala itu Chairman Porto Pinto da Costa menolak membayarnya sepertiga gaji Casillas. Dalam kondisi ini, dan setelah dipotong pajak, akhirnya disepakati Madrid membayar 4,5 juta euro dan Porto 2,5 juta euro. Meski begitu, Pelatih Real Madrid Rafael Benitez enggan meratapi kegagalan perekrutan De Gea.

Dia mengaku cukup senang dengan tiga kiper yang dimilikinya. ”Tak ada yang bisa katakana soal De Gea, dia kiper MU. Saya telah menunjukkan apresiasi kepada kiper-kiper saya. Navas tahu bagaimana saya mengapresiasi diam dan itu yang paling penting,” ungkap Benitez, dikutip Football Espana.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)