Menyambut Mantan Idola

Selasa, 15 September 2015 - 10:01 WIB
Menyambut Mantan Idola
Menyambut Mantan Idola
A A A
EINDHOVEN - Sambutan apa yang akan diterima winger anyar Manchester United (MU) Memphis Depay saat pertama kali “mudik” ke Philips Stadium, markas PSV Eindhoven, pada matchday pertama Liga Champions, dini hari nanti?

Nuansa kekeluargaan terjadi saat PSV menjamu MU pada matchday pertama Grup B Liga Champions musim ini. Pelatih MU Louis van Gaal akan beradu taktik dengan salah satu mantan asuhannya, Phillip Cocu, yang pernah bermain dalam skuadnya di Barcelona dan tim nasional Belanda. Tapi, drama keduanya bukanlah tema utama duel dini hari nanti.

Yang jadi perhatian adalah kembalinya Depay ke klub yang membesarkannya. Di Philips Stadium, pemuda berusia 21 tahun itu pernah jadi idola para fans di sana karena menyumbang 22 gol dari 30 laga saat PSV meraih trofi Eredivisie musim lalu sebelum hijrah ke Old Trafford dengan mahar 24,6 juta pounds (Rp544,6 miliar). Namun, Depay tampil buruk di babak pertama saat MU menang 3-1 atas Liverpool di Old Trafford, Sabtu (12/9), yang membuat Van Gaal menggantikannya di awal babak kedua dengan Ashley Young.

“Depay tahu performanya kurang bagus. Kemudian, Anda punya pemain lain di bangku cadangan dan Anda berusaha mengembangkan permainan, itu kenapa saya menggantinya. Tapi, itu bukan berarti dia tak akan bermain kontra PSV,” ungkap Van Gaal, dikutip Reuters . Koneksi Belanda menjadi salah satu kekuatan utama MU saat kembali ke fase utama Liga Champions setelah setahun absen. Perjuangan perdana The Red Devils di Philips Stadion, akan mengaduk emosi bintang anyar mereka.

Di tangan Van Gaal, MU mencoba bangkit dengan keterpurukan selepas ditinggal Sir Alex Ferguson. Meneer Belanda itu menjadikan beberapa pemain asal negaranya sebagai fondasi permainan timnya. Selain Depay yang bertugas menguasai sisi sayap kiri, Van Gaal juga menempatkan Daley Blind di lini pertahanan, baik sebagai centerback , bek kiri, atau gelandang bertahan. Sayang, Van Gaal kehilangan keping puzzle timnya dengan kemungkinan absennya Wayne Rooney.

Sang kapten melewatkan seremoni MU kontra Liverpool karena mengeluh cedera hamstring saat latihan. Kabarnya, striker Inggris berusia 29 tahun itu belum pulih 100% dan sang arsitek enggan mengambil risiko menurunkannya.

“Rooney cedera sehingga kami harus merawatnya. Saya pikir dia tak akan bermain melawan PSV, tapi mungkin dia akan kembali tampil menghadapi Southampton, Minggu (18/9). Kami harus menunggu dan melihat bagaimana kondisinya apakah dia memungkinkan tampil kontra PSV,” ucap Van Gaal, yang juga belum bisa memainkan defender Phil Jones yang masih cedera tulang kering.

Di pihak lain, sama seperti MU, momentum ini juga menjadi comeback -nya PSV di fase grup sejak 2008/2009. Kini, klub berjuluk Boeren itu tampil jauh lebih siap setelah 12 laga tanpa terkalahkan di seluruh kompetisi musim ini. Di laga terkini, jawara Eredivisie itu berpesta 6-0 atas Cambuur di liga domestik, Sabtu lalu. Menjamu MU pun membuat Pelatih PSV Cocu sangat antusias. Apalagi, di laga ini dia akan kembali bertemu Van Gaal, mantan mentornya, dan Depay yang pernah jadi punggawanya.

“Ini undian yang berat. Tapi, sangat menyenangkan bermain kontra MU serta menyambut Van Gaal dan Depay. Kami memperkirakan ini akan jadi pertandingan yang berat. Namun, ini akan lebih memotivasi kami,” ucap Cocu, yang kehilangan servis Jetro Willems dan Florian Jozefzoon yang sama-sama mengalami cedera lutut. Sementara gelandang serang Adam Maher akan dilihat kondisi terakhir setelah absen di laga terkini.

Abdul haris
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7087 seconds (0.1#10.140)