Hindari Bencana

Kamis, 17 September 2015 - 09:31 WIB
Hindari Bencana
Hindari Bencana
A A A
BORDEAUX - Kinerja Pelatih Liverpool Brendan Rodgers akan kembali dinilai saat menghadapi Girondins Bordeaux pada matchday 1 Grup B Liga Europa di Matmut Atlantique, dini hari nanti. Dia wajib memetik kemenangan jika ingin merebut kembali kepercayaan publik.

Rodgers dalam sorotan akibat catatan buruk Liverpool di Liga Primer musim ini. Tim asal Merseyside itu terdampar di peringkat 10 dengan tujuh poin dari lima partai. Mereka terjerumus lantaran terpeleset di tiga laga terakhir.

The Reds bermain 0-0 kontra Arsenal serta dikalahkan West Ham United (0-3) dan Manchester United (1-3). Rentetan hasil mengecewakan itu mengancam jabatan Rodgers. Survei yang melibatkan 33.000 responden itu menyebutkan 90% ingin arsitek berusia 42 tahun tersebut dipecat. Fans kecewa karena prestasi Liverpool terus melorot meski sudah menghabiskan ratusan juta pounds untuk belanja.

Terkaparnya Liverpool diyakini imbas uji coba Rodgers. Dia acap kali menerapkan skema berbeda, antara 4-3-3 atau 4-5-1. Mantan pelatih Swansea City tersebut itu seperti kesulitan menemukan pendamping Christian Benteke. Hal tersebut merusak gaya permainan Liverpool yang cenderung menyerang. Karena itu, kunjungan ke Stade Bordeaux- Atlantique bakal sangat penting bagi Rodgers. Dia harus merebut angka penuh jika tidak ingin jadi pengangguran.

Terlebih dengan adanya target merengkuh trofi Liga Europa. Mandat itu diterima Rodgers akibat kegagalannya membawa tim lolos ke Liga Champions. Bukan hanya menang, Rodgers juga harus menundukkan Bordeaux secara meyakinkan. Syarat ini muncul imbas minimnya produktivitas. Wakil Inggris itu baru membukukan tiga gol dan kemasukan enam kali di kompetisi lokal. Padahal, nilai barisan depannya mencapai 53,8 juta pounds.

“Masalah Rodgers adalah menentukan pemain yang tepat sesuai posisi. Namun, dengan kondisi saat ini hal itu sangat sulit baginya. Untuk lini depan, menurut saya, dia harus memakai dua penyerang sekaligus. Itu skema yang sempat menghasilkan banyak gol,” ucap legendaris Liverpool Jamie Carragher, dilansir Sky Sports . Sialnya, Rodgers akan kesulitan memenuhi saran itu lantaran kehilangan Benteke.

Bomber seharga 32,5 juta pounds tersebut dikabarkan masih cedera yang membuatnya tidak masuk daftar pemain. Sebagai pengganti, Rodgers akan memilih Divock Origi yang baru sekali tampil dan belum mencetak gol. Kabar baiknya, Liverpool punya rekor bagus saat menghadapi Bordeaux. Dari dua pertemuan kontra utusan Prancis itu pada 2006, Liverpool menang 1-0 dan 3-0.

Setidaknya itu menjadi motivasi tersendiri. Di pihak tuan rumah, Les Girondins mengklaim siap merepotkan Liverpool. Tim asuhan Willy Sagnol itu menyatakan tidak gentar dengan nama besar Liverpool. Kepercayaan diri mereka tinggi lantaran sukses menahan tim kaya Paris Saint-Germain (PSG) 2-2.

“Setelah bermain dengan PSG, kami gembira untuk meneruskan gaya permainan yang sudah terbentuk. Liverpool punya kaliber yang sama dengan PSG. Tapi, bukan Liverpool yang sama seperti 10 tahun silam. Kami percaya mampu meraih hasil bagus,” ucap gelandang Bordeaux Biyogo Poko.

M mirza
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)