Kalahkan DKI Jakarta, Tim Putra Jatim Tembus PON 2016

Minggu, 20 September 2015 - 21:31 WIB
Kalahkan DKI Jakarta, Tim Putra Jatim Tembus PON 2016
Kalahkan DKI Jakarta, Tim Putra Jatim Tembus PON 2016
A A A
SURABAYA - Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur bisa bernapas lega. Sebab, tim beregu putra dan perorangan putra merebut tiket PON 2016 di Jawa Barat.

Dari hasil akhir Kejurnas Pra Kualifikasi PON 2016 Zona Jawa di Surabaya, Minggu (20/9), tim beregu putra keluar sebagai juara setelah mendulang poin tertinggi 7. Tim beregu putra Jatim yang diperkuat GM Cerdas Barus, MI Taufik Halay, MF Fitra Andika, MF Kaisar Jenius dan MF Irfan mengungguli tim beregu putra DKI Jakarta yang harus puas di posisi runner-up.

Meski berada di peringkat kedua, namun DKI Jakarta tetap lolos ke PON karena sesuai regulasi, dua tim beregu terbaik berhak mendapatkan tiket otomatis tampil di ajang multieven empat tahunan itu. Sedangkan satu tike play off direbut tim beregu Jateng yang mendulang poin 4.

Di nomor perorangan putra, Jawa Timur juga meloloskan Agus Kurniawan yang berhasil menduduki peringkat empat setelah mengumpulkan 3 poin. Berbeda dengan nomor beregu, di nomor perorangan, sesuai regulasiempat pecatur terbaik mendapatkan jatah langsung lolos ke PON 2016.

Sedangkan tiga posisi teratas diraih Novenda Triasna dari DKI Jakarta dengan poin 3,5. Disusul M Lutfi Ali dari Jateng (3,5 poin) dan Azarya Jodi asal DKI Jakarta (3,5 poin).Sedangkan satu tiket play off direbut pecatur andalan Jatim Rony Gunawan.

Peraih medali emas PON 2012 itu terpaksa harus mengikuti playoff setelah di luar dugaan mengalami kekalahan di babak kelima. Laga playoff sendiri rencananya akan digelar bersamaan dengan Pra PON Catur Putri di Jabar, Oktober mendatang.

"Secara keseluruhan ini sudah sesuai target. Terutama di nomor beregu, kita berhasil mengalahkan DKI Jakarta yang selama ini menjadi unggulan pertama. Untuk Ronny, kami masih yakin dia bisa lolos ke PON meski harus melalui playoff, " ujar ujar official Pengprov Percasi Jatim, Yusuf Santiyono.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)