Daftar Pemain Barcelona Kemplang Pajak Makin Panjang

Selasa, 29 September 2015 - 19:27 WIB
Daftar Pemain Barcelona...
Daftar Pemain Barcelona Kemplang Pajak Makin Panjang
A A A
BARCELONA - Daftar penggawa Barcelona yang tersandung kasus penggelapan pajak makin panjang setelah gelandang bertahan skuat Catalan, Javier Mascherano didakwa atas tuntutan kemplang pajak terkait pendapatannya di Spanyol. Pemain berusia 31 tahun itu dicurigai menggunakan perusahaan di Amerika Serikat dan Portugal untuk menggelapkan dana senilai 1,1 juta pouns selama periode 2011 sampai 2012.

(Baca Juga: Hindari Pajak, Pengadilan Bekukan Aset Neymar)

Dilansir Espana, Selasa (29/9/2015) Mascherano sudah menyelesaikan kasus tersebut dengan bersedia membayar jumlah tuntutan itu beserta tambahan denda sebesar 150 ribu pounds. Kasus pajak sepertinya sangat familiar untuk para penggawa La Blaugrana dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan hanya tiga hari sebelum status terdakwa Mascherano lepas, aset rekan setimnya, Neymar dibekukan pihak berwajib.

Pembekuan aset itu terkait penggelapan pajak atas transfernya dari Sao Paolo ke Barcelona pada 2013 dan gaji sang pemain di klub Catalan itu. Dalam sebuah pernyataan, Hakim Carlos Muta mengatakan bahwa Neymar menyatakan pendapatannya hanya 19,6 juta real atau setara dengan Rp73 miliar, padahal lebih dari itu. Akibatnya aset Neymar dan keluarganya senilai 188,8 juta real Brasil atau sekitar 42 juta euro (Rp687 miliar) dibekukan oleh pengadilan.

Tak hanya kedua penggawa Catalan tersebut, sang bintang Barca, Messi malahan jadi pemain paling berpengalaman soal masalah ini, dengan sudah membelitnya selama dua tahun terakhir. Pada Juni lalu pengadilan Spanyol menolak banding pihak La Pulga -julukan Messi- atas penggelapan pajak sebesar 4 juta euro.

Akibat penolakan tersebut, kini bintang asal Argentina itu bersama dengan ayahnya dihantui hukuman pidana dan perdana setelah diduga melakukan penggelapan pajak antara tahun 2006 hingga 2009 dengan jumlah mencapai 4,5 juta euro. Selain Messi, bek Barca, Gerard Pique juga diklaim menunggak pajak sebesar 2,5 juta euro. Otoritas pajak Spanyol menuding kekasih dari Shakira itu melakukan penggelapan pajak dari tahun 2007 hingga 2010 silam.

Pique sendiri akhirnya harus membayar senilai 2,5 juta euro atas kesalahannya tidak taat pajak. Sedangkan mantan penyerang Barca, David Villa yang kini hijrah ke New York City juga pernah tersandung masalah pajak pada periode 2009 hingga 2010 sewaktu bersama La Blaugrana -julukan Barca-. Tidak ketinggalan legenda hidup Barca, Xavi Hernandez yang kini merumput di Liga Qatar juga sempat berurusan dengan masalah pajak. Seakan menjadi hobi, para penggawa Barca ini selalu melakukan kesalahan yang sama.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7797 seconds (0.1#10.140)