Duel Yamaha dan Honda Era Keemasan MotoGP

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 11:47 WIB
Duel Yamaha dan Honda...
Duel Yamaha dan Honda Era Keemasan MotoGP
A A A
MOTEGI - Gelaran MotoGP selalu menjadi primadona dalam beberapa dekade terakhir. Namun rivalitas duo Yamaha (Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo) dan Honda (Marc Marquez dan Dani Pedrosa) di musim ini merupakan era keemasan balapan kuda besi.

Pernyataan itu yang diungkapkan Mick Doohan. Menurut juara dunia lima kali, biasanya hanya ada satu atau dua pembalap yang kompetitif. Namun musim ini sedikit berbeda di mana empat pembalap tersebut mampu tampil maksimal di 14 balapan terakhir.

"Saya pikir itu adalah era keemasan MotoGP. Saya pikir pada waktu tertentu hanya ada satu atau dua pembalap yang dianggap cukup kuat untuk mengamankan kemenangan. Tapi musim ini ada beberapa joki kuda besi yang mampu memenangkan mahkota juara. Saya bisa mengatakan bahwa sepanjang gelaran balap MotoGP hanya ada beberapa era keemasan seperti itu. Jadi Anda mungkin sepakat dengan saya bahwa musim ini adalah era keemasan MotoGP, karena sirkus MotoGP selalu menunjukkan penampilan yang kompetitif," terang Doohan seperti dikutip Drive, Sabtu (10/10/2015).

Doohan menambahkan Rossi, Lorenzo, Marquez, dan Pedrosa adalah pembalap yang mampu mendongkrak reputasi MotoGP. Sebab mereka selalu memberikan hiburan menarik setiap akhir pekan dan itu sangat berbeda dengan Formula 1 yang hanya didominasi Lewis Hamilton.

"Peluang mereka merebut kemenangan selalu hadir, tidak seperti Formula 1."

Beralih ke balapan seri 15 di GP Jepang, Doohan memprediksi bakal banyak cerita yang dihadirkan joki tim Garpu Tala dan Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi. Terlebih kedua tim tersebut sama-sama tim pabrikan asal Jepang.

"Ini akan menjadi pertempuran yang cukup baik antara kedua Yamaha guys, itu sudah pasti," katanya. "Hanya 14 poin antara Rossi dan Lorenzo di klasemen, dan berarti peluang mereka sangat terbuka. Tapi jangan pernah meremehkan rider Honda, karena Marquez dan Pedrosa bakal menjegal upaya mereka merebut kemenangan di Jepang.

Ketika ditanya tentang siapa yang bakal juara, Doohan berkata bahwa akan sangat menarik bila melihat Rossi juara di musim ini. Karena, tambah dia, itu bisa mendongkrak reputasi gelaran MotoGP selanjutnya.

"Mungkin terlalu dingin memprediksi siapa yang bakal juara. Lorenzo sangat cepat dan Rossi sangat berpengalaman. Saya pikir itu akan menjadi besar jika Rossi memenangkan mahkota juara, karena dia akan mendongkrak reputasi MotoGP," tutup Doohan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9642 seconds (0.1#10.140)