Netizen Gerah, Peringkat FIFA Indonesia Terendah Sepanjang Sejarah

Minggu, 08 November 2015 - 15:17 WIB
Netizen Gerah, Peringkat FIFA Indonesia Terendah Sepanjang Sejarah
Netizen Gerah, Peringkat FIFA Indonesia Terendah Sepanjang Sejarah
A A A
JAKARTA - Kisruh sepak bola nasional memaksa Indonesia harus menerima sanksi FIFA yang berupa larangan tampil di level internasional. Akibatnya, peringkat Indonesia terus merosot hingga ke titik terendah sepanjang sejarah.

Saat ini, laman resmi FIFA merilis ranking terbaru dimana Belgia berhasil memuncaki tabel. Namun disaat yang bersamaan Indonesia justru merosot tiga tingkat ke posisi 174. (Baca juga : Miris; Terus Melorot, Peringkat Indonesia Terburuk dalam Sejarah)

Angka tersebut merupakan peringkat terendah Indonesia sepanjang sejarah. Sekadar informasi, pada 1998 dan 2001, Indonesia berhasil menyentuh peringkat terbaik yakni posisi ke-87.

Kondisi tersebut tidak lepas dari kisruh sepak bola nasional yang tengah melanda negeri. Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) pada 18 April 2015 mengeluarkan sanksi administratif berupa surat pembekuan pada Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Efeknya, FIFA menghukum Indonesia lantaran konflik Kemenpora vs PSSI. Indonesia dinilai melanggar Statuta FIFA yang menyebut bahwa setiap member FIFA harus mandiri, independen, dan menggerakan oraganisasi tanpa campur tangan dari pihak lain termasuk intervensi pemerintah. Sejak itu, Indonesia diasingkan dari kancah sepak bola dunia.

Jika Indonesia terus absen di kancah internasional, bisa dipastikan peringkat Indonesia di FIFA akan terus melorot. Kondisi ini pun ditanggapi serius oleh netizen alias pengguna media sosial.

@MariaDarmono

Timor Leste 166 Indonesia 174 peringkat FIFA. Padahal dulu peringkat nya diatasTL!

@bola_indonesia
Gimana nih Pak @imam_nahrawi Peringkat Indonesia bulan Desember udah tinggal 1 tingkat doang sama Kamboja... Masih keukeuh matiin Sepak bola Nasional?


@ASayeedaaf

Pulang main futsal kehujanan, kepala gue pusing, mudah²an gak mempengaruhi poin Indonesia di peringkat FIFA. Kopi mana Kopi.


@GRStengah
Posisi peringkat Indonesia di FIFA terburuk sepanjang sejarah yakni 174 dibulan ini. Selamat atas sanksi FIFAnya

‏@chairilans

Apakah Pak Jokowi tdk medapatkan informasi yang benar, jika peringkat FIFA Indonesia turun drastis stelah timnas tdk bisa bermain di ajang resmi? HG
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)