Ban Michelin Gagal Puaskan Pembalap MotoGP

Rabu, 25 November 2015 - 18:12 WIB
Ban Michelin Gagal Puaskan Pembalap MotoGP
Ban Michelin Gagal Puaskan Pembalap MotoGP
A A A
JEREZ - Produsen ban Michelin yang bakal jadi pemasok resmi MotoGP musim depan belum memuaskan para pembalap sejauh ini. Direktur teknis Nicolas Goubert berjanji bakal membenahi ban depannya yang jadi titik masalah dalam beberapa kali pengujian.

Michelin yang bakal menggantikan Bridgstone mulai musim depan, masih jadi momok bagi beberapa pembalap. Dalam beberapa kali sesi pengujian Michelin, selalu ada joki yang terjatuh. Mulai dari Valentino Rossi hingga Marc Marquez, mereka sempat mencium aspal ketika menjajal ban asal Prancis tersebut.

Rata-rata para pembalap mengeluhkan kinerja cengkraman ban depan Michelin yang dianggap terlalu lemah saat berada lintasan. "Ketika menuju tikungan, saya kehilangan keseimbangan dan juga ketika kami sedang dalam kecepatan penuh," ucap Lorenzo beberapa waktu lalu. (Baca Juga: Soal Ban Michelin, Lorenzo Beda dengan Rossi)

Menanggapi hal itu, Goubert mengaku bakal berpacu dengan waktu untuk membenahi ban depan Michelin. Masa pra-musim pun bakal dimaksimalkan untuk mengembangkan kinerja Michelin jadi lebih baik.

"Ban depan masih harus dikerjakan lebih lanjut, tetapi kami masih punya beberapa bulan untuk mencoba banyak hal. Akan ada tes resmi dan kami juga punya sesi pengujian di tempat yang berbeda sehingga kami akan mengambil kesempatan menguji dan meningkatkan semuanya," janji Goubert dilansir AS.es, Rabu (25/11/2015).

"Saya akan mengatakan profil ban tetap akan sama dan bakal mengolah senyawa agar bisa lebih percaya diri. Pembalap ingin jadi lebih cepat jadi kami harus bisa menciptakan pekerjaan yang bisa membuatnya lebih percaya diri dan berani bertarung dengan pembalap lain," tambahnya.

Perubahan yang akan dilakukan Michelin, lanjut Goubert, bakal menyesuaikan dengan peraturan balap MotoGP 2016 yang diterapkan para pembalap. Menurutnya, ini akan jadi waktu yang tepat.

"Kami harus membuat perubahan sebab bagi beberapa pembalap ini adalah pertama kalinya mereka menggunakan Michelin yang harus menyesuaikan dengan peraturan dan gaya balapannya. Jadi begitulah kira-kira, sayangnya, beberapa terjatuh, tapi itu hal yang bagus sebab berjalan dalam waktu yang cepat," imbuhnya.

Kesimpulannya, Goubert menegaskan performa Michelin sudah hampir memenuhi target. "Kami akan fokus dengan beradaptasi pada kondisi yang berbeda yang akan kita temukan. 90 persen pengerjaan sudah selesai," tutupnya. (Baca Juga: Jajal Teknologi Anyar, Suzuki Tebar Ancaman di MotoGP Musim Depan)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9373 seconds (0.1#10.140)