Pesan di Balik Nomor Keramat Messi

Kamis, 24 Desember 2015 - 11:18 WIB
Pesan di Balik Nomor Keramat Messi
Pesan di Balik Nomor Keramat Messi
A A A
BARCELONA - Nomor 10 sering dianggap merepresentasikan seorang pesepakbola yang memiliki kualitas. Ada banyak pemain bintang yang sudah mengenakan nomor keramat ini, sebut saja Lionel Messi di zaman sepak bola modern saat ini. Namun tak banyak yang mengetahui mengapa pemain bertubuh mungil itu tertarik mengenakan jersey dengan nomor yang memiliki daya magis tersebut?

Pada usia 16 tahun, empat bulan, dan 23 hari, Messi mulai debut pertamanya bersama tim senior Barcelona melawan Porto dalam laga persahabatan. Kendati baru diturunkan pada menit 75, namun penampilannya membuat staf teknis Blaugrana terkesan. Sebab ia mampu menciptakan dua peluang dan tendangan ke arah gawang.

Pasca pertandingan, Messi diajak untuk menjalani latihan pertamanya dengan skuat senior dan dalam kesempatan itu ia bertemu Ronaldinho. Pemain berkebangsaan Brasil itu meramalkan bahwa ia akan menjadi pemain yang lebih baik daripada dirinya. (Baca juga: Wow, Inter Milan Ingin Datangkan Messi)

Singkat kata, sebelum Ronaldinho memutuskan hijrah dari Barcelona pada 2008, ia menitipkan pesan kepada Messi agar ia mengenakan jersey nomor 10. Ia mengibaratkan bahwa nomor kramat tersebut layak dikenakan oleh pemain asal Argentina.

Alasannya adalah sewaktu Ronaldinho bergabung dengan Blaugrana pada 2003 ia telah mewarisi nomor 10 yang ditinggalkan Juan Roman Riquelme. Karenanya, pemain berambut kriting yang telah mengoleksi 100 gol dalam 200 penampilan bersama Barca tidak ingin nomor kramat itu jatuh ke pemain lain.

"Beberapa bulan sebelum Ronaldinho meninggalkan klub, ia sudah berjanji agar saya mengenakan nomor 10. Saya pun menuruti permintaannya tanpa melihat apa yang telah dilakukannya dengan nomor 10 tersebut," ungkap Messi seperti dikutip Fourfourtwo, Kamis (24/12/2015).

Di mata Messi, Ronaldinho merupakan sosok pemain sederhana. Meskipun ia dianggap banyak orang sebagai bintang sepak bola berkelas, karena dia mempunyai kemampuan dalam mengolah si kulit bundar.

"Dia (Ronaldinho) pemain yang sangat sederhana, dingin, dan ia selalu duduk di samping saya selama di ruang ganti. Kami memiliki kesempatan untuk memulai persahabatan yang baik dan jujur. Intinya, Ronaldinho adalah pemain besar."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8864 seconds (0.1#10.140)