Zhang Chengdong Pemain China Pertama Tampil di Liga Spanyol

Kamis, 31 Desember 2015 - 15:26 WIB
Zhang Chengdong Pemain China Pertama Tampil di Liga Spanyol
Zhang Chengdong Pemain China Pertama Tampil di Liga Spanyol
A A A
MADRID - Zhang Chengdong menorehkan sejarah baru sebagai pesepak bola China pertama yang tampil di La Liga Primera Spanyol, Rabu (30/12/2105) atau Kamis (31/12/2105) dini hari WIB. Penyerang Rayo Vallecano itu turun sebagi pemain pengganti saat timnya menjamu Atletico Madrid pada jornada 17 di Campo de Futbol de Vallecas.

Zhang masuk menit ke-82 menggantikan Jose Dorado saat kedudukan masih 0-0. Namun, debut pemain kelahiran Baoding, Hebei, China, 9 Februari 1989, itu tercoreng lantaran pemain Atletico Angel Correa dan Antoine Griezmann membuat tim tamu unggul 2-0, berkat gol menit ke-88 dan 90.

Kekalahan pun memaksa klub yang berbasis di Madrid itu tercecer di zona degradasi atau peringkat 19 klasemen La Liga dengan 14 poin sedangkan Atletico terus menempel pemuncak klasemen Barcelona dengan poin sama 38 poin.

Sejatinya ini penampilan ketiga Zhang bersama Rayo. Sebelumnya, pemain pinjaman dari Beijing Guoan yang bergabung dengan Rayo berkat sponsor perusahaan China qbao.com pada musim panas lalu, itu melakukan debut saat tampil di babak 32 besar Copa del Rey kontra Getafe.

Zhang tampil pada dua leg laga tersebut. Pada leg pertama menang 2-0 di Estadio de Vallecas Teresa Rivero, 2 Desember lalu. Di laga itu Zhang tampil sebagai starter dan digantikan menit ke-66. Sedangkan leg kedua di kandang Getafe (Coliseum Alfonso Perez), 16 Desember, Zhang juga sebagai starer dan diganti menit ke-83, namun timnya kalah 1-3.

Meski kalah, Rayo melaju ke babak perempat final karena unggul produktivtas gol tandang. Rayo akan bertemu Atletico di babak 16 besar yang leg pertamanya digelar 6 Januari 2016 dan leg kedua, 13 Janauri di kandang Atletico.

Zhang butuh waktu untuk adaptasi dengan gaya sepak bola Spanyol, namun dia mengaku tampil di La Liga merupakan impiannya. "La Liga merupakan salah satu liga yang punya standar tinggi. Ini mimpi saya menjadi bagian dari liga itu jadi, saya akan melakukan yang terbaik," katanya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7592 seconds (0.1#10.140)