Tersingkirnya Kurnia Meiga Hingga Rekor Gol El Loco: Arema dalam Angka

Minggu, 10 Januari 2016 - 16:10 WIB
Tersingkirnya Kurnia...
Tersingkirnya Kurnia Meiga Hingga Rekor Gol El Loco: Arema dalam Angka
A A A
MALANG - Arema Cronus akhirnya tak mampu melanjutkan tren kemenangan di Piala Jenderal Sudirman (PJS) 2015. Kekalahan 1-2 di kandang Mitra Kukar mengharuskan Arema berupaya lebih keras memaksakan kemenangan pada leg kedua semifinal di Stadion Kanjuruhan, Minggu (17/1/2016).

Patrick Dos Santos, Cristian Gonzales dan Yogi Rahardian mencatatkan dirinya di papan skor pada laga di Stadion Aji Imbut, Trenggarong, Sabtu (9/1/2016). Partai itu adalah laga kedelapan Arema di ajang PJS 2015. Kiper Kadek Wardana gagal menjaga rekor clean sheet yang sempat bertahan selama tiga pertandingan terakhir atau 321 menit. (Baca juga: Gagal Jaga Rekor Clean Sheet, Arema Tumbang di Markas Mitra Kukar).

Di samping itu ada catatan menarik sepanjang keikutsertaan Singo Edan di PJS 2015 hingga leg pertama semifinal. Seperti Kiper utama Arema Cronus Kurnia Meiga yang belum pernah mendapatkan kesempatan bermain selama PJS. Bahkan ketika Kadek Wardana melakukan blunder lawan Pusamania Borneo FC, Meiga tak kunjung dipercaya di bawah mistar di laga berikutnya.

Berikut catatan Arema Cronus dalam angka.

1 - Gol away yang diciptakan Arema Cronus di Stadion Aji Imbut. Walau kalah, satu gol yang diciptakan Cristian Gonzales menit 62 bisa sangat berharga untuk pertemuan kedua di Stadion Kanjuruhan karena sistem agregat.

2 - Jumlah kekalahan Arema di babak semifinal dalam dua turnamen terakhir. Uniknya, di Piala Presiden 2015 lalu, tim berjuluk Singo Edan juga kalah di laga away semifinal kontra Sriwijaya FC dengan skor identik 2-1 di Stadion Manahan, Solo. Selain itu pelatih Joko Susilo juga dua kali menelan kekalahan di turnamen semenjak meneruskan tugas mendiang Suharno.

3 - Arema tak lagi mencatat clean sheet dalam tiga laga terakhir. Clean sheet terakhir diperoleh ketika mengalahkan Persipura Jayapura 1-0 di Stadion Maguwoharjo pada babak perempat final. Laga berikutnya, kontra Surabaya United, Pusamania Borneo FC, serta Mitra Kukar, gawang Arema yang dijaga Kadek Wardana selalu kebobolan.

4 - Total tembakan yang dilakukan Arema di kandang Mitra Kukar sepanjang laga. Hanya satu tembakan yang menemui sasaran. Ini menjadi salah satu jumlah total tembakan terendah yang dilakukan Arema selama PJS.

5 - Jumlah gol yang diciptakan Cristian Gonzes sepanjang PJS 2015. Dia menjadi pencetak gol terbanyak di tim Arema Cronus hingga saat ini. Walau diturunkan sebagai pemain pengganti kontra Mitra Kukar, pemain berjuluk El Loco masih bisa menambah pundi-pundi golnya.

6 - Jumlah pergantian yang dilakukan Arema Cronus versus Mitra Kukar dan menjadi pergantian terbanyak selama keikutsertaan di turnamen PJS 2015. Sepanjang laga, Arema memasukkan Johan Alfarizie, Tony Espinosa, Cristian Gonzalez, Ferry Aman Saragih, Hermawan, serta Hasim Kipuw.

7 - Rekor kemenangan beruntun yang dicatat Singo Edan. Walau rekor terhenti di kandang Mitra Kukar di laga ke-8, namun rentetan kemenangan itu tetap menjadi rekor terbaik di turnamen. Rekor Arema sebelumnya adalah saat menjuarai SCM Cup pada awal 2015 dengan lima kemenangan beruntun.

8 - Angka delapan menandai jumlah gol yang ditelan gawang Singo Edan sepanjang turnamen. Rinciannya, Arema kebobolan kontra Persegres GU (1 gol), Persipasi Bandung Raya (2 gol), Surabaya United (1 gol), Pusamania Borneo (2 gol) dan Mitra Kukar (2 gol). Adu tendangan penalti kontra Pusamania tak masuk kalkulasi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0669 seconds (0.1#10.140)