Juara Dunia Lari 1500 Meter Positif Doping

Selasa, 01 Maret 2016 - 02:52 WIB
Juara Dunia Lari 1500 Meter Positif Doping
Juara Dunia Lari 1500 Meter Positif Doping
A A A
STOCKHOLM - Kabar mengejutkan datang dari dunia olah raga. Pelari Abeba Aregawi yang menjuarai lomba lari 1.500 meter pada kejuaraan dunia atletik di Moskow, Rusia, tahun 2013 lalu dinyatakan positif doping.

Laporan tersebut dikonfirmasi langsung oleh federasi atletik dunia (IAAF) dan Federasi Atletik Swedia, Selasa (1/3/2016) waktu Indonesia. Seorang juru bicara IAAF mengatakan, Abeba Aregawi terbukti menggunakan obat terlarang setelah uji laboratorium di.

"Setelah hasil laboratorium, atlet yang bersangkutan langsung ditarik dari semua kompetisi hingga penyelidikan temuan ini selesai. Sementara itu, Abeba Aregawi meminta uji laboratorium ulang," demikian keterangan juru bicara IAAF, dikutip The Guardian.

Abeba Aregawi merupakan pelari Swedia kelahiran Ethiopia, 25 tahun silam. Desas-desus kepengunaan doping pertama kali muncul setelah Aregawi ditarik dari kejuaraan lari sejauh 1 mil di Stockholm, 17 Febuari 2016 lalu.

Saat itu Aregawi menjelaskan bahea dirinya mengalami cedera punggung sehingga absen dari perlombaan. Namun surat kabar Swedia, Aftonbladet, mengutip pernyataan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Federasi Atletik setempat soal kepenggunaan doping.

"Kami benar-benar menentang segala bentuk kecurangan, doping dan suap. Kami memiliki tidak menyediakan toleransi untuk hal-hal semacam itu karena hal ini benar-benar tidak dapat diterima," kata Stefan Ollson, Sekjen Federasi Atletik Swedia.

Aregawi memenangkan emas di Kejuaraan Dunia di Moskow, 2013. Dia mencatatkan waktu tercepat, 4:02.67, saat menyingkirkan pelari Amerika Serikat Jennifer Simpson dan Hellen Onsando Obiri (Kenya).
(Berita terkait skandal doping pada atlet dapat disimak di sini)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3711 seconds (0.1#10.140)