Grup C: Profil Timnas Polandia

Selasa, 01 Maret 2016 - 15:47 WIB
Grup C: Profil Timnas Polandia
Grup C: Profil Timnas Polandia
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Polandia

Timnas: Polandia
Julukan: The White Eagles
Asosiasi: Polski Zwiazek Pilki Noznej (PZPN)
Pelatih: Adam Nawalka
Kapten tim: Robert Lewandowski
Penampilan terbanyak: Michal Zewlakow (102)
Top skor: Wlodzimierz Lubanski (48)
Stadion: National Stadium, Warsawa
Kode FIFA: POL
Peringkat dunia saat ini
- Tertinggi: 16 (September 2007)
- Terendah: 78 (November 2013)

Jejak di Piala Eropa
Polandia kembali tampil di pentas Piala Eropa. Setelah empat tahun lalu lolos secara otomatis karena status mereka sebagai tuan rumah, kini Polandia harus berjuang keras agar bisa menghuni satu tempat di babak penyisihan grup.

Tahun 2008 jadi kali pertama Polandia tampil di ajang Piala Eropa. Namun mereka tak mampu berbuat banyak. Polandia gagal ke perempat final sebab langkah mereka terhenti di babak penyisihan grup B.

Saat itu, Polandia kalah saing dengan Jerman dan Kroasia. Setelah melakoni tiga pertandingan, Polandia hanya sanggup mengukir satu poin.

Empat tahun berselang, Polandia bersama Ukraina dipercaya UEFA sebagai tuan rumah Piala Eropa. Tapi status itu tak bisa dimanfaatkan oleh Robert Lewandowski dan kawan-kawan. Polandia terpuruk di dasar klasemen grup A karena salah saing dengan dua tim teratas, Yunani dan Republik Ceko.

Kini Polandia kembali berpartisipasi. Mereka lolos usai menyandang status runner up grup D di babak kualifikasi.

Sosok Pemain Kunci: Robert Lewandowski
Polandia boleh berbangga sebab mereka mempunyai striker hebat bernama Robert Lewandowski. Dengan modal postur jangkung, pemain berusia 27 tahun itu sukses jadi mesin gol untuk kubu Bayern Muenchen.

Saat ini Lewandowski dipercaya sebagai kapten tim. Banyak orang meyakini bahwa sang pemain bakal jadi tumpuan Polandia saat menghadapi Jerman, Ukraina dan Irlandia Utara di babak penyisihan grup C.

Bersama timnas Polandia, sejauh ini Lewandowski sudah mencatatkan 73 penampilan. Dari kesempatannya tersebut, ia bisa mencetak 34 gol.

Profil Pelatih: Adam Nawalka
Pria 58 tahun ini cukup berpengalaman dalam memberikan pelatihan sepak bola. Pekerjaan tersebut, sudah dilakoninya sejak tahun 1996 silam.

Saat itu, Nawalka memulai karier kepelatihannya di klub Swit Krzeszowice. Setelah itu ia pindah ke Wisla Krakow di tahun 2000, hingga akhirnya menangani timnas Polandia pada 2013 lalu.

Di tangannya, Polandia sudah mencetak 11 kemenangan. Tentunya menarik melihat kinerja Nawalka di ajang sebesar Piala Eropa.

Peluang di Piala Eropa 2016
Polandia cukup berpeluang lolos ke fase 16 besar. Pada tahun ini, mereka akan bersaing dengan Jerman, Ukraina dan Irlandia Utara.

Mungkin hanya Jerman yang kekuatannya berada di atas Polandia. Sementara dua tim lainnya bisa dikatakan setara. Meski nantinya kalah dari Jerman, Polandia tetap bisa lolos asalkan mampu menang meyakinkan atas dua lawan lainnya.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5822 seconds (0.1#10.140)