Grup C: Profil Timnas Ukraina

Selasa, 01 Maret 2016 - 15:47 WIB
Grup C: Profil Timnas Ukraina
Grup C: Profil Timnas Ukraina
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Ukraina

Timnas: Ukraina
Julukan: The Yellow Blue
Asosiasi: Football Federation of Ukraine (FFU)
Pelatih: Mykhaylo Fomenko
Kapten tim: Anatoliy Tymoshchuk
Penampilan terbanyak: Anatoliy Tymoshchuk (141)
Top skor: Andriy Shevchenko (48)
Stadion: Olimpiyskiy Stadium, Kyiv
Kode FIFA: UKR
Peringkat dunia saat ini
- Tertinggi: 11 (Februari 2007)
- Terendah: 132 (September 1993)

Jejak di Piala Eropa
Negara pecahan Uni Soviet ini baru sekali mengikuti ajang Piala Eropa. Itupun bisa terjadi karena status mereka sebagai tuan rumah di Piala Eropa 2012 lalu.

Sayangnya Ukraina gagal total di pentas tersebut. Mereka kalah saing dengan Inggris dan juga Prancis. Pada papan klasemen grup D, Ukraina cuma mengumpulkan tiga poin hasil satu kemenangan dan dua kekalahan.

Di Piala Eropa tahun ini, Ukraina sebenarnya nyaris tidak lolos. Pada babak kualifikasi, mereka finis di posisi tiga klasemen grup C. Tim asuhan Mykhaylo Fomenko berada di belakang Spanyol serta Slovakia. Kondisi tersebut memaksa Ukraina untuk menentukan nasibnya di babak play off.

Pada fase tersebut, Ukraina berhadapan dengan Slovenia. Saat leg pertama digelar 15 November 2015 lalu, Ukraina menang dua gol tanpa balas. Di pertemuan berikutnya tiga hari kemudian, skor berakhir imbang 1-1. Meski demikian, Ukraina lolos ke Prancis sebab mereka menang aggregat 3-1.

Sosok Pemain Kunci: Yevhen Konoplyanka
Usai Andriy Shevchenko pensiun, Ukraina terlihat sulit menemukan pemain bintang baru. Namun setelah bertahun-tahun, Ukraina akhirnya melahirkan pemain bertalenta luar biasa bernama Yevhen Konoplyanka.

Saat ini, pemain-pemain yang menghuni skuat timnas Ukraina lebih banyak berasal dari klub lokal. Namun Konoplyanka tidak demikian. Pemain berusia 26 tahun ini sudah bisa berkarier di luar negeri. Ia tampil di pentas La Liga Spanyol dengan memperkuat Sevilla.

Masa depan Konoplyanka diprediksi akan cerah. Sejauh ini ia selalu dipercaya menghuni lini tengah Sevilla dan dari kesempatannya itu, Konoplyanka bisa mencicipi pengalaman di ajang La Liga, Copa del Rey, Liga Europa dan Piala Super Eropa.

Bersama Sevilla, Konoplyanka baru mencatatkan 20 penampilan dan mencetak tiga gol. Sedangkan dengan timnas senior Ukraina, ia sudah menorehkan 51 penampilan dan mengoleksi 11 gol.

Profil Pelatih: Mykhaylo Fomenko
Pelatih 67 tahun ini sudah malang melintang di dunia sepak bola. Ketika menjadi pemain, ia aktif dari 1962-1979. Lalu saat beralih profesi menjadi pelatih, Famenko memulainya dari 1979 dan masih eksis hingga saat ini.

Kariernya dihabiskan oleh klub-klub lokal Ukraina. Ia mulai dipercaya menangani timnas saat Anatoliy Tymoshchuk Cs tersingkir dari babak penyisihan grup Piala Eropa 2012. Berbekal pengalamannya yang segudang, tentunya Ukraina tak pantas dipandang remeh oleh semua lawan mereka khususnya yang berada di grup C babak penyisihan.

Peluang di Piala Eropa 2016
Ukraina diprediksi bakal bertarung sengit dengan Polandia dan Irlandia Utara dalam memperebutkan satu tiket ke babak 16 besar. Tiga tim tersebut akan berusaha keras menemani Jerman sebagai unggulan di babak penyisihan grup C.

Bicara peluang, Ukraina sangat mungkin untuk lolos ke babak berikutnya. Sebab kekuatan mereka terbilang setara dengan Polandia dan Irlandia Utara.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)