Turnamen Sepakbola Terbesar di Sumbar, IGC 2016 Dibuka Irman Gusman

Senin, 14 Maret 2016 - 01:58 WIB
Turnamen Sepakbola Terbesar di Sumbar, IGC 2016 Dibuka Irman Gusman
Turnamen Sepakbola Terbesar di Sumbar, IGC 2016 Dibuka Irman Gusman
A A A
PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman membuka jalannya turnamen sepakbola terbesar di Sumatera Barat (Sumbar) dalam Irman Gusman Cup (IGC) 2016 di Stadion Haji Agus Salim, Padang.

Turnamen IGC 2016 disebut yang terbesar di wilayah itu karena diikuti 179 tim dari 19 kabupaten dan kota se Provinsi Sumatera Barat. Melibatkan 4.600 pemain dengan 1.200 official pertandingan.

Pembukaan turnamen ini diwarnai dengan aksi laga persahabatan antara Indonesia All Stars melawan Padang All Stars. Irman pun ikut bermain dalam laga ini.

Sebelum laga persahabatan, lebih dahulu 150 siswa sekolah sepakbola (SSB) melakukan pertandingan kolosal melawan pemain dari Indonesia All Stars.

"Ini bentuk kepedulian kita kepada masyarakat pecinta sepakbola di Sumatera Barat yang prihatin dengan kondisi persepakbolaan nasional, khususnya di Sumatera Barat," kata Irman, Minggu (13/3/2016).

Ia menambahkan, penyelenggaraan turnamen ini juga menjadi langkah mereka untuk mencari bakat-bakat pemain sepakbola dari wilayah tersebut. Mengingat, tidak sedikit pemain nasional yang berasal dari Tanah Minang.

"Karena kita punya pengalaman, punya sejarah panjang melahirkan pemain sepakbola nasional. Bahkan sekarang Sumatera Barat banyak melahirkan pelatih tingkat nasional," kata senator asal Sumatera Barat ini.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia Pelaksana IGC 2016 Hardimen Koto mengatakan, kehadiran turnamen ini diharapkan bisa mengobati kerinduan masyarakat Sumatera Barat dalam bidang sepakbola.

"Kita tau PSSI sudah dibekukan dalam 10 bulan terakhir. Dengan ada turnamen ini, luar biasa," katanya.

Senada dengan Irman, dirinya juga menyampaikan bahwa turnamen ini bertujuan untuk mencari dan membina pemain sepakbola dari Sumatera Barat untuk menjadi pemain nasional.

"Kita siapkan dream team. Ke depan saya berharap ini momentum bagus untuk bibit muda. Dan berharap ini menjadi turnamen rutin. Diusahakan rutin tiap tahun, Insya Allah," pungkasnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7048 seconds (0.1#10.140)